After Jumuah di Al-Falah Mosque, Pertama Kali Sholat Jumat di Singapura

Posted on Updated on

#Travel – Assalamualaikum Wr Wb. Hello para pembaca blog saya yang setia maupun tidak, kali ini saya mau menceritakan pengalaman saya Sholat Jumat di salah satu Ditengah kesibukan duniawi kota Singapura, Sebelumnya saya menguncapkan selamat datang di tahun 2019, semoga Allah selalu melindungi kita dan selalu memberikan jalan baik di kehidupan dunia dan akherat dengan penuh kedamaian. Amin..

Minggu lalu di akhir tahun 2018, saya berkesempatan untuk pergi ke Singapura. Tepat di hari Jumat terakhir  saya melakukan perjalanan bersama bataritour.com untuk jalan-jalan di negeri Merlion Park dan negeri Ipin Upin.

Hari itu hari Jumat, dan kunjungan kami setelah melewati Imigrasi Singapura langsung menuju ke Merlion Park untuk sekedar foto-foto, namun hal itu tidak jadi kami lakukan, karena waktu sudah mepet. Akhirnya sebagai umat muslim kami lebih mendahulukan sholat Jumat terlebih dahulu. Saat itu sedang melewati daerah Orchard Road yang cukup terkenal di SG dan merupakan salah satu kawasan terpadat dan pusat kota Singapore.

Di wilayah inilah, driver saya memberi tau kalau sholat Jumatan di Al Falah saja karena sangat dekat letaknya dengan Orchard Road yang merrupakan kawasan bisnis serta belanja di tengah-tengah kota Singapura. Tidak lama kemudian saat saya berada di mobil, Iqomah pun berkumandang. Driver pun langsung membelokkan mobil menuju parkiran dan kami langsung turun dan berburu mencari tempat untuk sholat.

Karena kami termasuk yang telat, akhirnya terpaksan sholat di bagian pelataran Masjid. Masjid disini super bersih sekali, ya namanya juga Singapura, kota terbersih di Asia Tenggara. Setelah selesai sholat jumat, saya pun penasaran dengan bangunan masjid yang tidak tampak seperti masjid. Masjid Al Falah sendiri letaknya di lantai 1 di kawasan bisnis Orchard Road.

Masjid ini sangat berbeda dengan masjid yang biasa saya jumpai di negeri kita Indonesia, yang memiliki halaman luas dan terdapat kubah pada bagian atas. Al Falah sendiri terletak di lantai 1 No 1 Cairnhill Place, sebuah gedung komersial di Bideford Road No 15. Gedung ini sangat dekat dengan Orchard Road. Sehingga sangat memudahkan untuk menuju masjid. Untuk menuju Al Falah dari Orchad Road hanya di tempuh dalam waktu tidak ada 5 dengan berjalan kaki.

Setelah selesai Sholat Jumat, pihak takmir masjid sudah menyediakan hidangan snack, air mineral serta minuman juice yang sudah di sediakan di luar masjid. Kebetulan saat itu saya sholat berdampingan dengan seorang bapak, ternyata bapak tersebut takmir masjid yang membagikan makanan snack dan minuman. Begitu selesai salam dan berdoa. Jamaah langsung keluar dan di sarankan untuk mengambil apa yang di sediakan oleh Al-Falah.

Saya pun semakin penasaran akan suasana dalam masjid tersebut. Lalu saya mohon ijin kepada tamir untuk mengambil gambar didalam. Dengan senang hati takmir mempersilahkan, Didalam masjid yang mempunyai daya tampung 1500 jamaah tersebut masih terdapat beberapa jamaah yang sedang melaksanakan sholat Sunnah dan membaca Al-Quran. Senang sekali, di Negara yang mayoritas non muslim, namun di tengah pusa kota terdapat masjid yang cukup besar dan Jamaah selalu membludag.

Gimana temen-temen, udah pernah Sholat Jumat di Singapura belum?

Sekian dulu tulisan di awal 2019 ini, Wassalamualaikum Wr.Wb

Iklan

16 respons untuk ‘After Jumuah di Al-Falah Mosque, Pertama Kali Sholat Jumat di Singapura

    Sekar said:
    3 Januari 2019 pukul 11:42 AM

    Kalau mushola/masjid di changi ada juga kah? Kalau ada bagus ndak pak? Penasaran. Sebab saya belum pernah jalan-jalan ke sana dan sedang mengagendakan tahun ini bisa explore changi. Insyaa Allah

      mysukmana responded:
      3 Januari 2019 pukul 1:14 PM

      di changi mulai dari Terminal 1-2-3-4 ada semua mbak..tempatnya sangat bersih..cari aja Surau di Changi Airport.. ada kok

        Sekar said:
        3 Januari 2019 pukul 11:02 PM

        siip makasih pak, cusss baca

    sang nanang said:
    3 Januari 2019 pukul 6:39 AM

    Nah itu Mas, tetirah kami ke negeri tetangga kami niati utk sholat Jumat. Pas di Singapur kami niatkan utk sholat Jumat di Masjid Kampung Gelam. Adapun ke tempat yang lain kami anggap sebagai bonus dari perjalanan sholat Jumat itu saja. Monggo….
    https://sangnanang.com/2015/09/03/hikmat-sholat-jumat-di-masjid-sultan-singapura/

    aji sukma said:
    2 Januari 2019 pukul 7:40 PM

    Baca ini jd pengin sekali2 di luar negeri pas hari jumat atau pas puasa gt, biar tau suasana di sana gmn, bedanya sm di sini.

      mysukmana responded:
      2 Januari 2019 pukul 10:29 PM

      lha kapan ni rencananya duo ebret ke Luar negeri kak

    ejiebelula said:
    2 Januari 2019 pukul 3:34 PM

    Jauh sekali mas ini mainnya.. Kalau masuk masjid, bawaannya ingin selalu ngadem yak?

      mysukmana responded:
      2 Januari 2019 pukul 10:30 PM

      sesekali main ke negeri sebrang hehe

    Titik Asa said:
    2 Januari 2019 pukul 1:37 PM

    Masjidnya tampak super bersih dan saya suka sekali membacanya bahwa di negeri yang mayoritas non muslim tapi masjid itu selalu penuh dg jamaah. Alhamdulillah.

    Salam dari jauh, Mas.

      mysukmana responded:
      2 Januari 2019 pukul 2:06 PM

      iya pak..salam dari jauh..
      iya saya sampai sholat di emperan masjid…

    kayuhanpedal said:
    2 Januari 2019 pukul 12:58 PM

    yang membuat saya selalu kagum sama masyarakat dan pengurus masjid di Singapura adalah kebersihan masjid dan utamanya tempat wudhu serta toilet. “Kebersihan adalah sebagian dari Iman” dihayati benar-benar oleh mereka. Ini yang masih kurang di masyarakat Indonesia ya.

      mysukmana responded:
      2 Januari 2019 pukul 1:35 PM

      nggih..betuk sekali itu kak…toilet sama tempat wudhunya wangi sekali…

    Gallant Tsany Abdillah said:
    2 Januari 2019 pukul 12:45 PM

    Aduh kalo liat masjid rasanya pengen ngadem aja, Om. Entah kenapa suasana masjid itu enak gitu entah buat ngadem atau tidur sekalian. Haha

      mysukmana responded:
      2 Januari 2019 pukul 1:34 PM

      dilarang tidur didalam masjid woy…
      wlwlwl

    deadyrizky said:
    2 Januari 2019 pukul 9:46 AM

    welehhh
    jangankan sholat jumat,
    wong menginjakkan kaki ke singapur aja belum, ommm

      mysukmana responded:
      2 Januari 2019 pukul 10:08 AM

      semoga bisa menginjakkan kaki disini ya kak

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s