Mampir di Masjid Baru, Masjid Agung Mahdaniyah Kabupaten Karanganyar, Seperti Apa Sih?

Posted on Updated on

Kabupaten Karanganyar, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah timur kota Solo. Karanganyar termasuk wilayah yang cukup dikenal di Jawa Tengah karena memiliki gunung yang sering dikunjungi para pendaki, yaitu gunung Lawu. Selain gunung Karanganyar juga banyak sekali tempat tempat wisata dengan hawa sejuk dan cuacanya yang lebih dingin dibanding kota Solo.

Di Kotanya sendiri, setiap malam, lebih tepatnya di Taman Panca Sila maupun Alun-Alun Karanganyar merupakan salah satu tempat favorit bagi warga Karanganyar bahkan mungkin orang luar kota sebagai destinasi wisata keluarga, pada khususnya wisata kuliner. Wisata tersebut semakin lengkap sejak di renovasinya Masjid Agung Karanganyar yang terletak di sebelah barat alun alun tersebut yang sekarang menjadi Masjid Agung Mahdaniyah Karanganyar yang konon menghabiskan anggaran 89 M untuk membangun kembali masjid tersebut.

Nah seperti apa sih keindahan Masjid Agung Mahdaniyah Karanganyar ini?

Ngomongin soal Masjid Agung Karanganyar bagi saya sih sudah tidak asing lagi, karena dari jaman SD-Kuliah dulu saya bersama ortu tinggal di Desa Papahan, Tasikmadu Karanganyar yang lokasinya sekitar 3-4 Kilometer dari Masjid ini. Bahkan waktu kuliah dulu juga magang di salah satu kantor yang lokasinya tinggal jalan kaki untuk menuju Masjid Agung Karanganyar.

Nah, Karena saya lebih sering di kota Solo, kemarin bersama keluarga istri diajakin untuk Silaturahmi After Leberan di Karanganyar. Disempatkan juga mampir di masjid yang bernama Masjid Agung Mahdaniyah Karanganyar ini untuk menunaikan sholat Ashar dan Maghrib sekalian disini. Intinya menikmati senja di masjid.

Masjid yang baru jadi sebelum ramadan 2022 tiba tersebut kini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi. Apalagi kemarin sudah bisa dipakai untuk sholat tarawih dan sholat idul fitri, tentunya masjid ini sangat nyaman sekali kalau dilihat dari sisi bangunannya.

Dulu sebelum direnovasi, masjid ini bentuknya lebih ke bangunan Joglo atau bangunan masjid jawa pada umumnya yaitu limasan. Saya lihat sekarang benar benar drombak total dengan bentuk seperti Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi dimana pada bagian luar masjid terdapat payung yang bisa dibuka tutup seperti masjid Nabawi.

Spot menakjubkan lain yang dimiliki Masjid Agung Madaniyah Karanganyar adalah pilar-pilar masjid yang dominan warna krem keemasan layaknya di Masjidil Haram di Mekkah. Selain itu juga terdapat 4 menara dimana salah satu menaranya adalah menara pandang yang bisa dinaiki para pengunjung masjid untuk bisa melihat Kabupatan Karanganyar dari ketinggian.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah muslim di Karanganyar, pada saat kami berkunjung kesana untuk melaksanakan sholat Ashar dan Magrhib berjamaan, masjid ini juga digunakan sebagai spot foto yang instagramable, bahkan menurut saya bagi yang ingin melaksanakan pernikahan secara islami sangat cocok untuk foto wedding dan pelaksanaan Ijab Qobul didalam masjid ini. Bisa bayangkan kan kalau kalian bisa melaksankannya dengan pasangan kalian didalam masjid dengan daya tampung 4000 jamaah, pasti jadi momen menyenangkan.

Gimana kak? kalau ke Kabupaten dimana masa kecil saya berada, bisa dong mampir sholat disini..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s