Gowes Rute Alaska Polokarto – Jembatan Menjing, Trabas Hutan Karet di Sukoharjo

Posted on Updated on

Akhir pekan adalah dimana kita bisa berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, salah satu agenda ruti dua mingguan sekali adalah berpetualang dengan bersepeda alias Gocapan (Gowes Cari Sarapan). Gowes kali ini diberi judul “Gowes Rute Alaska Polokato – Jembatan Menjing, Trabas Hutan Karet di Sukoharjo” . Alaska sendiri kependekan dari Alas Karet jadi rute kami memang tujuannya menjelajah Alas Karet yang terletak di daerah Polokarto, Sukoharjo.

Petualangan gowes diawali dari Kopi.ID, salah satu kedai kopi milik teman saya Esempe. Berangkat sekitar pukul 06.00 dititik kumpul, kami melakukan perjalanan ke arah Solo Baru (Grogol), disana ada satu teman kami yang sudah menunggu juga, karena rumah terletak didaerah kawasan Grogol. Setelah bertemu teman kami di Solo Baru, perjalanan gowes kami lanjutkan menuju kawasan Grogol lalu di Jalan Ciu kawasan Bekonang.

Setelah kawasan Jl. Ciu kami lebih memilih jalur selatan yang nantinya bisa tembus bagian selatan alas karet dan bukan jalan pada umumnya yang dilalui para pesepeda akhir pekan. 1 jam perjalanan dari Solo Baru sudah kami lalui, dan kami berfoto sejenak dikawasan persawahan dan bekas kebun tebu sebelaum memasuki kawasan Alaska.

Sesi foto pertama sudah kami lakukan, Alaska masih sekitar 3 kilometer lagi, dan kami melalui jalur yang cukup gravel meskipun sudah aspal cor beton. Sebelum memasuki kawasan Alas yang hanya 500 meter, terdapat kawasan perkebunan tebu. Disana kami juga sempatkan untuk berfoto-foto, nah fotonya diatas ya, Lumayan instagramable pokoknya.

Tidak lama kemudian setelah tanjakan, Disanalah terdapat Alaska (Alas Karet) yang terletak di kawasan Polokarto, Sukoharjo. Sedikit informasi mengenai Alaska, kawasan ini merupakan sebuah perkebunan karet yang ada di daerah Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Nama tersebut berasal dari kata Alas yang berarti “hutan”. Warga sekitar sering menyingkatnya dengan istilah Alaska. Wilayah tersebut merupakan milik PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero). Wilayah tersebut, seperti namanya, dipenuhi oleh pohon-pohon karet yang menjulang tinggi. Ukuran pohon karet dewasa bisa mencapai 15-25 meter. Di dalam setiap ruang buah, dapat dijumpai biji karet. Jumlah biji biasanya ada 3-6 buah sesuai dengan jumlah ruang.

Suasana disini sangat syahdu sekali saat bermain sepeda bersama, terlebih saat pagi hari, disaming suasana yang sepi, pepohonanpun terlihat rimbun. Kamipun waktu itu sempat bertanya kepada penduduk setempat sebelum masuk jalan yang ada ditengah Alaska tersebut, “apakah jalan tersebut ada tembusnya?” ternyata ada, ya sudah akhirnya kita nekat masuk tengah hutan dengan perjalanan kurang lebih 1,5 km.

Setelah perjalanan menerobos hutan karet, Sampailah kami dikawasan Alaska sisi selatan, tujuan kami berikutnya adalah ke Kawasan Jembatan Menjing atau lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Pelangi. Kawasan Jembatan Menjing sendiri sebenarnya hanyalah kawasan jembatan dengan area persawahan disamping kanan kirinya dan terdapat taman yang biasa digunakan untuk foto-foto. Rata-rata goweser yang dari Alaska juga melewati kawasan ini. Jembatan Menjing sendiri adalah jembatan yang menghubungkan dua wilayah yaitu Kabupaten Sukoharjo dan tembus ke Kab Karanganyar (daerah waduk lalung).

Tak lama kemudian setelah berfoto dan melewati Jembatan Menjing, kami melanjutkan perjalanan untuk mencari sarapan, akhirnya kami menemukan salah satu warung pecel dan tumpang enak dikawasan Mojolaban, yaitu Pecel Menangan 2. Penasaran seperti apa perjalanan kami seperti apa?

Simak saja video youtube dari teman gowes saya di frame paling bawah : Zulfiqar Ari Wicaksono Channel

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s