Staycation Pertama Kali Setelah Pandemi, Parangraja Hotel yang Homey Banget

Posted on

Tidak terasa pandemi sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejak kasu covid 19 pertama di Jakarta, saya dan keluarga sudah tidak pernah Staycation dikarenakan kekhawatiran tentang C19. Tentunya ini sangat berdampak bagi rekan-rekan perhotelan dan para penggerak Pariwisata. Setelah pandemi kurang lebih 2 tahun dan melewati berbagai kebijakan pemerintah, akhirnya Hotel-hotel mulai beroperasi dan pertumbuhan perekonomian sudah mulai membaik sejak digencarkan PPKM hingga Vaksin sebagai upaya meminimalisir penularan Covid 19.

Beberapa waktu lalu setelah keadaan covid sudah mulai mereda akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk Staycation deket-deket rumah, alias di salah satu hotel di Solo. Hotel yang kami gunakan untuk menginap kali ini adalah Hotel Parang Raja. Kalau dilihat dari namanya Parang merupakan salah satu motif batik yang paling tua di Indonesia. Parang sendiri merupakan motif batik kuno khas asal  asal kota Solo dijaman Mataram. Sehingga tidak salah lagi suasana hotel ini lebih ke ornamen batik dan interior klasik.

Lokasi Hotel Parang Raja

Pilihan tepat bagi saya dan keluarga atau rekan rekan pembaca saat berkunjung ke Kota Solo. Hotel Parang Raja ini terletak di Jl. Siwalan No.40, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Dan Lokasinya cukup strategis karena tidak jauh dari Stasiun Purwosari dan Mall Solo Square dan Jl Slamet RIyadi atau jalan protokol kota solo. Sehingga memudahkan kami untuk bisa akses kemana saja meskipun ingin berjalan kaki.

Lobi Parang Raja Hotel

Setelah memarkirkan mobil di area parkir yang sudah disediakan Hotel Parang Raja, saya lalu masuk ke bagian lobi. Bagian lobi Hotel Parang Raja bersebalahan langsung dengan resto yang bernama Canting. Resto ini selain bisa digunakan untuk tamu hotel juga terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin pesan makanan disni.

Tidak jauh dari istilah Batik Parang, lobinya diset dengan ornament khusus berupa batik parang dengan suasana tembok berwarna coklat orange khas kerajaan Mataram. Bagian belakang lobi juga terdapat dapur, café serta smoking area bagi mereka yang ingin lebih leluasa berada di smoking area.

Suasana Hotel Parang Raja

Hotel Parang Raja terdiri dari 3 lantai dengan satu kolam renang didalamnya yang terletak di outdoor tepatnya didepan kamar. Di setiap sudut ruangan terdapat berbagai ornament, termasuk lantainya juga dibernuansa batik Parang. Perabotan dengan bentuk klasik dan dari kayu juga turut menghiasi interior dari Hotel Parang Raja.

Paling suka dari interior hotel Parang Raja adalah tembok dan bangunannya tampak klasik karena temboknya bercorak batu bata jaman kerajaan Majapahit. Perpaduan suasana antara budaya Jawa dan modern semuanya masuk di hotel Parang Raja yang saya inapi ini.

Kamar Hotel Parang Raja

Suasana Parang Raja Hotel menurut saya bener bener homey sekali, waktu itu saya dan keluarga mendapatkan kamar dilantai 3, kita juga tidak khawatir karena di Parang Raja juga menyediakan satu lift untuk menuju lantai 3. Meski hotelnya tidak terlalu besar, menurut saya hotel ini sangat nyaman dan sangat cocok untuk liburan santai ditengah kota.

Mesipun saya mendapatkan kamar dalam bentuk standar, kamar yang kami huni saat itu sudah cukup memadai untuk menginap. Saya bersama istri dan sikecil cukup merasa nyaman.

Beberapa fasilitas yang terdapat dalam kamar Parang Raja Hotel Solo ini diantaranya adalah, air mineral, cermin dengan ukuran cukup besar baik dikamar mandi maupun dikamar utama, TV dengan berbagai macam chanel dan tempat sampah. Namun sayangnya tidak terdapat lemari untuk pakaian.

Pada bagian kamar mandi juga terdapat aminities standar seperti odol, shampoo, gosok gigi dan handuk. Kamar mandinya cukup bersih dengan keramik menyelimuti seluruh ruangan kamar mandi. Tentunya model kamar mandi shower dan wastafel yang lengkap dengan air hangat dan dingin akan membuat betah kami sekeluarga berlama lama mandi dengan air hangat.

Kolam Renang di Hotel Parang Raja

Kolam renang di Hotel Parang Raja memang tak seperti kolam renang di hotel pada umunya, Kolam dengan ukuran kurang lebih 5 x 10 meter dan kedalaman 1,5 – 2 Meter ini cukup standar untuk memenuhi fasilitas renang para tamu hotel.nMeski kolam renangnya kecil, tapi bagi saya, terutama anak saya sudah cukup enjoy untuk bermain air.

Canting Resto Hotel Parang Raja

Canting Resto adala nama dari restoran yang disediakan oleh Hotel Parang Raja. Canting resto ini terletak di sebalah FO dari hotel atau receptionis. Selain untuk memenuhi kebutuhan kuliner para tamu, Canting Resto juga terbuka untuk umum dan menyediakan berbagai macam kuliner hotel.

Sebagai pelengkap  makan malam, saya dan keluarga mencoba makan malam disini, waktu itu kami memesan dua menu spesial dari Canting Resto yang terdiri dari menu diantaranya adalah Chicken Cheese Roll, Nasi Ayam Blackpapper disertai minuman yang terdiri dari Lime Squash dan Strawberry Squash. Kata istri saya,, Nasi Ayam Blackpappernya enak banget, pas bumbunya. Jadi rekan – rekan boleh tuh nyoba disini

Sarapan di Hotel Parang Raja

Meski tidak sekomplit hotel-hotel berbintang, Menu sarapan di Canting Resto Hotel Parang Raja saya kira cukup untuk sekedar mengisi perut dipagi hari. Beberapa menu sarapan saat itu yang kami makan adalah mulai dari Nasi, Mie Goreng, Sayur Oseng, Kerupuk, Potongan Buah dan Minuman yang terdiri dari Air Putih, Orange Juice dan Jamu Tradisional. Oh iya.Sarapan di Hotel Parang Raja disajikan mulai pukul 06.00 hingga 10.00 pagi.

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s