Pengalaman Naik Batik Solo Trans dan Rute Lengkap BST Solo, Yuk Jalan Jalan Keliling Kota Solo dengan BUS..!

Posted on Updated on

BatikSoloTrans (3)

Hello teman teman pembaca blogger saya yang sederhana ini, omong-omong sudah lama saya pribadi tidak naik bus umum, terlebih saat pandemic seperti ini. namun kali ini saya mencoba meyakinkan diri sendiri bahwa naik bus umum juga aman kok, apalagi naik bus kota seperti yang saya lakukan tempo hari, yaitu Batik Solo Trans.

Saat ini Batik Solo Trans atau BST saya lihat memang peminatnya orang-orang tertentu saja. Tidak seperti di Jogja yang atau Trans Jogja dimana dihari peminatnya saat pertama kali peluncuran ramai banget. Saya tau  banget, karena dulu waktu launching saya pas kuliah disana.

Berawal dari keisengan saya kalau selama ini naik BST itu gratis dan tanpa dipungut biaya apapun, pokoknya tinggal nunggu di halte BST dan liat rute serta jadwal bus yang akan datang sudah cukup tujuan mau kemana.

Dulu setau saya di Solo ada 8 Koridor alias rute BST, namun sejak Solo didatangkan armada baru lagi dengan fitur teknologi lebih canggih, kini dirapatkan menjadi 4 Koridor saja atau jalur.

Saat itu saya mencoba di Koridor utama yaitu 1, yang melewati jalan protokol Slamet RIyadi, khusus rute 1 inilah BST lewat secara kontra flow untuk jalur dari Palu-Kartasura via Slamet Riyadi. Saya waktu itu naik dari halte deket McDonald atau Pasar Pon menuju UNS

BatikSoloTrans (1)

BatikSoloTrans (2)

BatikSoloTrans (13)

Seperti  Apa Bus  Batik Solo Trans

Pemerintah kota Surakarta sendiri memiliki beberapa unit yang dioperasian untuk BST meski sebagian merupakan BST model lama dengan rincian sebagai berikut : untuk bus  Koridor 1 ada 27 unit, Koridor 2 ada 16 unit, koridor 3 ada 22 unit, dan Koridor 4 ada 18 unit.

Armada Bus BST tersebut cukup canggih sebagian dilengkapi dengan sensor GPS yang menghubungkan ke layar informasi yang berada di masing-masing halte, terutama untuk koridor 1 yang melewati halte Slamet Riyadi. Bus dilengkapi dengan AC yang cukup dingin dan pintu otomatis. Meskipun selama ini naik BST masih gratis, tapi jika penumpang ingin membayar juga dipersilahkan dengan menggunakan Tap Card atau (e-money) dengan harga sekali perjalanan 4000 Rupiah.

Keamanan Bus juga cukup terjaga, karena lengkap dengan CCTV dan para sopir juga sudah dibekali SOP yang harus di jalankan selama berkendara menggunakan BST tersebut.

BatikSoloTrans (5)

BatikSoloTrans (11)

BatikSoloTrans (4)

BatikSoloTrans (7)

Rute Lengkap Bus Batik Solo Trans (BST) Solo

Bagi yang tidak tau danbingung rute BST mana saja, nah berikut saya kasih tau rutenya. Nah sebelum tau rutenya juga harus diperhatikan nomor yang tertera pada BST. Misal TB.I.02 artinya Koridor 1 Bus No 2, TB.II.07 artinya Koridor 2 Bus N2. Jadi yang diperhatikan hanya angka romawi setelah tulisan TB. Jadi jangan salah naik, karena beberapa berhenti di halte yang sama.

Bus BST Koridor 1  (Bandara Adi Soemarmo – Terminal Palur) PP

  • Timur Ke Barat : Terminal Palur – Ir, Sutami – Kol Sutarto – Urip Sumoharjo – Jend Sudirman – Slamet Riyadi – Pabelan – Jl Adi Soemarmo – Terminal Kartasura – Bandara Adi Soemarmo
  • Barat Ke Timur : Bandara Adi Soemarmo – Jl Adi Soemarmo – Pabelan – Slamet RIyadi – Sudirman – Urip Sumoharjo – Kol Sutarto – Ir Sutami – Terminal Palur

Bus BST Koridor 2  (Sub Terminal Kerten – Palur) PP

  • Timur Ke Barat : Terminal Palur – Ir Sutami – Kol Sutarto – Mongonsidi – Gajahmada – Yosodipuro – Dr Moewardi – Slamet Riyadi – Sub Terminal Kerten
  • Barat ke Timur : Sub Terminal Kerten – Slamet Riyadi – Prof Soeharso – Adi Sucipto – Ahmad Yani – Slamet RIyadi – Dr Soetomo – Yosodipuro – Gajahmada – Mongonsidi – Ko Sutarto – Ir Sutami – Terminal Palur

Bus BST Koridor 3 (Termina Kartasura – Tugu Cembeng PP)

  • Timur Ke Barat : Tugu Cembeng – Kol Sutarto – Urip Sumoharjo – Sudirman – Alun Alun Utara – Dr Rajiman – ( Slamet Riyadi Sukoharjo)  – Ahmad Yani – Adi Soemarmo – Terminal Kartasura
  • Barat Ke Timur : Terminal Kartasura – Jl Terminal Kartasura – Jl Solo Semarang – Jl Solo Jogja – (Slamet Riyadi Sukoharjo) – Dr Rajiman – Bhayangkara – Veteran – Yos Sudarso – Slamet Riyadi – Sudirman – Urip Sumoharjo – Sutarto – Tugu Cembeng

Bus BST Koridor 4 : Terminal Kartasura – Terminal Palur Via Terminal Tirtonadi

  • Timur ke Barat : Terminal Palur – KH Maskur – Kihajar Dewantara – Kol Sutarto – Brgjen Katamso – Tentara Pelajar – Ahmad Yani – TERMINAL TIRTONADI – Dr Setiabudi – MT Haryono – Manahan – Adi Sucipto – Adi Soemarmo – Terminal Kartasura
  • Barat ke TImur : RUTE SAMA (HANYA DIBALIK)

BatikSoloTrans (15)

BatikSoloTrans (14)

BatikSoloTrans (9)

BatikSoloTrans (8)

Jumlah  Penumpang BST Selama Covid 19

Selama pandemi Covid-19, jumlah penumpang BST dibatasi hingga maksimal 50 persen dari kapasitas total. Koridor 4 dengan 18 unit bus memiliki jumlah penumpang paling sedikit dibandingkan koridor lainnya. Menurut informas yang saya baca dikoran, Total per hari dari empat koridor yang beroperasi mengangkut 3.000-an penumpang.

Pengalaman saya selama naik  BST dibeberapa koridor kemarin memang sepi, dan tidak pernah ada yang berdiri. Bus BST juga diengkapi dengan Hand Sanitizer jadi selain untuk menjaga penyebarn virus Covid19 penumpang juga diwajibkan memakai masker selama perjalanan dan jaga jarak.

BatikSoloTrans (10)

BatikSoloTrans (6)

BatikSoloTrans (12)

Gimana kak? Yuk naik kendaraan umum untuk mengurangi kemacetan. Jujur waktu saya naik BST ini saya jadi inget waktu naik transportasi umum di Negara SIngapura, Fasilitas Bus nya tidak kalah canggih sama negara maju di Asia Tenggara tersebut.

2 respons untuk ‘Pengalaman Naik Batik Solo Trans dan Rute Lengkap BST Solo, Yuk Jalan Jalan Keliling Kota Solo dengan BUS..!

    arip said:
    26 Mei 2021 pukul 10:27 AM

    Jadi ngiri, padahal Trans Metro Bandung udah ada sejak 2009, tapi masih acak-acakan. Pernah nyoba Trans Jogja juga dan emang itu idaman banget. Jadi pengen jalan-jalan ke Solo.

      mysukmana responded:
      26 Mei 2021 pukul 12:16 PM

      beberapa di Bandung kayaknya malah kebanyakan angkotnya ya mas he he he
      btw malah saya pengen naik bus kota pariwisata yang bentuknya lucu itu..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s