Ayam Tojoyo 2, Resep Warisan Ayam Goreng Asli Kota Solo

Posted on Updated on

Selamat berakhir pekan rekan rekan pembaca blog saya, kali ini saya mau berbagi info nih, tentang salah satu kulineran ayam enak yang pernah menjadi legendaris di tahun 90an dikota Solo, yaitu Ayam Tojoyo. Lalu kenapa kok namanya sekarang Tojoyo 2 bukan Ayam Tojoyo saja. tentunya semua ada sejarahnya.

Ayam Tojoyo merupkan kulineran ayam yang sudah ada sejak tahun 90an, dulunya resep Tojoyo ini dimiliki oleh seorang warga kota Solo keturunan Tiong Hoa yang ada di daerah Purwosari, tentunya orang orang di eranya waktu itu pasti kenal dengan Ayam Tojoyo ini.

Dikarenakan tidak ada yang meneruskan dan pemilik aslinya sudah meninggal. akhirnya resep Ayam Tojoyo ini dibeli oleh keluarga salah satu teman saya, yaitu mbak Dyah Ratna. Mbak Dyah ini adalah salah satu pengusaha wanita asli laweyan Solo. Beliaunya ingin menghidupkan kembali Ayam Tojoyo, jadi diberi nama Ayam Tojoyo 2.

Lalu sepeti apakah Ayam Tojoyo 2 ini ya kira kira, yuk simak..

Beberapa hari sebelumnya, ada undangan yang dishare lewat grup admin para penggerak sosmed di kota Solo. Waktu saya buka ternyata undangan dari Mbak Ratna, wah cocok nih buat sekalian makan siang hehe..

Siang itu saya kebetulan mau ada perlu juga di Solo, sekalian lewat ya sekalian silaturahmi untuk mengicipi Ayam Tojoyo yang katanya memang sudah legendaris sejak tahun 1990an. Warung Ayam Tojoyo 2 tersebut beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan No 37 Solo, atau tepatnya ( Perempatan Aston Hotel Purwosari Laweyan, ke arah selatan kanan jalan, bersebelahan dengna Batik Kencana dan RISC Computer).

Bagi saya yang special dari Ayam Tojoyo 2 ini adalah menu pendamping yang disediakan pada satu menu dari Ayam Tojoyo, mulai dari tahu, tempe goreng hingga lalapan, yang tidak kalah adalah sambelnya yang akan membuat para penggemar ayam semakin nagih dan ngelawuhi.

Oh iya Ayam Tojoyo sendiri memang beda dengan Ayam-ayam pada umumnya, menurut mbak Ratna, cara pengelolaan ayam ini, setelah dipotong tidak langsung digoreng begitu saja. Akan tetapi setelah diberi bumbu dan diungkep, ayam tersebut disimpan dulu satu haru supaya bumbunya benar benar meresap. sehingga saat digoreng rasa dari bumbunya lebih merasuk dan empuk.

Selain Ayam Goreng yang biasanya terdiri dari dada dan paha, juga terdapat menu lain khas ala bumbu Tojoyo, diantaranya adalah Ati Ayam, Ampela Ayam, Kepala Ayam , Babat Sapi, Paru Sapi, Limpa Sapi hingga Ayam Utuh 1 Ekor, masing-masing menu tersebut dijual mulai harga 3500-85.000 Rupiah belum termasuk nasi dan minuman serta tambahan lainnya.

Oh iya bagi saya nasinya enak dan porsinya lumayan banyak dan padet, termasuk cara penyajiannya juga unik, yaitu dibungkus dengan daun pisang. Soal cara gastronomi pokoknya ala Solo banget.

Selain dijual dengan penyajian ditempat, Ayam Goreng dan Jeroan Tojoy 2 ini juga tersedia paket frozennya loh, Ayam Frozen Tojoyo 2 tersebut bisa bertahan selama dua minggu didalam kemasan Frozen dan Kulkas. Jadi tidak perlu khawatir, bagi teman-teman yang berada di luar kota bisa langsung pesan. Untuk saat ini Ayam Tojoyo 2 khas Solo tersebut juga tersedia di kota lain, yaitu Jakarta dan Bandung.

infomasi lebih lanjut bisa langsung kepoin IG nya di Ayam Goreng Tojoyo 2 (@tojoyo2.id)

Gimana kak? sudah makan ayam belum hari ini?

2 respons untuk ‘Ayam Tojoyo 2, Resep Warisan Ayam Goreng Asli Kota Solo

    James Y. Wijono said:
    9 Agustus 2020 pukul 6:36 PM

    Dulu di Bandung ada restonya juga.. itu sama dgn yg di Solo ini ga ya?

      mysukmana responded:
      11 Agustus 2020 pukul 4:43 PM

      Sepertinya sama om, isih paseduluran…

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s