Belanja Ikan Segar Dulu, Serta Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan Kala Covid 19 Melanda

Posted on Updated on

Daily – Dimasa pandemic Covid19 seperti ini, memang dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Selain kebersihan lingkungan, jaga jarak, kebersihan diri serta makanan yang selalu bergizi untuk menjaga imun.

Sebagai mantan anak pantura, Ikan adalah makanan sehari-hari saya sebelum pindah ke kotaSolo. Jadi tidak ada salahnya pengen makan ikan yang penuh dengan sumber protein baik yang sangat baik untuk tubuh. Terutama untuk si kecil Alzena yang masih masa pertumbuhan, kudu banyak –banyak makan ikan segar, termsuk ikan protein tinggi seperti salmon.

Nah, dari tulisan ini saya akan membahas tentang manfaat makan ikan terutama bagi kesehatan dan imun tubuh dimasa masa pandemic seperti saat ini.

Saya pribadi sama istri biasanya sih kalau beli ikan memang ikan segar dan Alhamdulillah kalau pas dirumah mertua, dekat banget sama Superindo. Soalnya tinggal nyebrang gang kampung saja sudah sampai. Lebih sering beli ikan di Superindo sih kalau pas di pondok mertua indah, he..he..

Oke deh, berikut adalah manfaat kalau kita Makan Ikan, seperti yang diwajibkan oleh mantan menteri kelautan kita Bu Susi :

Menurunkan Risiko Serangan jJantung dan Stroke

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyebab kematian yang paling umum di dunia. Ikan dianggap sebagai salah satu makanan yang sangat menyehatkan dan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Baik Untuk Perkembangan Otak dan Mata

Asam docosahexaenoic (DHA) sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan, Khususnya untuk pertumbuhan Janin.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak juga akan menurun. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak makan ikan, memiliki tingkat penurunan mental yang lebih lambat. Seseorang sering makan ikan, daya ingatnya juga akan meningkat dan baik untuk kesehatan otak.

Mencegah dan Mengatasi Depresi

Depresi merupakan kondisi mental yang umum. Kondisi ini ditandai dengan suasana hati yang tidak baik, merasa sedih, tidak bersemangat, dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitas. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.

Memenuhi Kebutuhan Asupan Vitamin D

Dikala pandemic seperti ini kita memang disuruh berjemur untuk mencegah virus dan menambah vitamin D. Ikan merupakan salah satu sumber makanan terbaik yang kaya akan vitamin D. Pada satu porsi ikan salmon terdapat banyak asupan vitamin D yang mampu melengkapi nutrisi tubuh. Vitamin D berfungsi seperti hormon streroid dalam tubuh yang baik untuk kesehatan tulang karena perannya dalam mengatur kalsium.

Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Beberapa penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 dapat mengurangi risiko terhadapat penyakit autoimun atau diabetes tipe 1 pada anak dan orang dewasa. Penyakit autoimun ini bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh lemah. Jadi masa pandemic kudu banyak makan ikan, biar imunnya nambah. Karena lagi Herd Immunity nih he he he

Mencegah Asma Pada Anak

Asma merupakan penyakit yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran pernapasan dan kondisi ini bisa terus meningkat jika tidak diatasi dengan benar. Termasuk Covid19 juga bahaya jika bebarengan dengan Asma, karena memang keduanya yang diserang pernafasan. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ikan secara teratur bisa menurunkan risiko asma 24% lebih rendah , khususnya pada anak-anak

Melindungi Mata dari Penurunan Fungsi Karena Penuaan

Penelitian menunjukkan rutin konsumsi ikan berhubungan dengan penurunan degenerasi makula pada wanita. Degenerasi makula merupakan penyebab utama dari gangguan penglihatan dan kebutaan yang sangat mempengaruhi lansia.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sulit tidur dan membuat durasi tidur menjadi lebih singkat. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko sleep apnea. Jika  ingin meningkatkan kualitas tidur, cobalah konsumsi ikan karena ikan kaya akan vitamin D.

Mengurangi Risiko Lahir Prematur Pada Ibu Hamil

Asupan omega-3 yang cukup dengan makan ikan membuat ibu hamil memiliki risiko kelahiran prematur yang lebih rendah. Tingkat kelahiran prematur di wilayah dengan asupan ikan yang tinggi juga jauh lebih rendah. Selain itu, konsumsi ikan juga dapat mendorong pertumbuhan janin. Asam amino esensial pada ikan dapat membentuk sel-sel tubuh bayi mulai dari kulit, rambut, otot hingga tulang, makanya dulu waktu istri saya hamil sering banget makan ikan segar, terutama salmon. Agak mahal sih, tapi demi anak pokoknya he..he..he..

Selain makan makanan bergizi dan olahraga lainnya, yuk biasakan makan ikan, Supaya tubuh kita tetap terjaga dan mempunyai Autoimun. GImana kak? Setiap minggu makan ikan berapa kali?

7 respons untuk ‘Belanja Ikan Segar Dulu, Serta Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan Kala Covid 19 Melanda

    bara anggara said:
    12 Juni 2020 pukul 10:58 PM

    tiap minggu diriku makan ikan laut dong 😀

    -traveler paruh waktu

    q.thrynx said:
    5 Juni 2020 pukul 2:28 PM

    Wah kampanye makan ikan, mau nggeser bu Susi ya? 🤣

      mysukmana responded:
      6 Juni 2020 pukul 3:36 PM

      bukannya bu Susi udah tergeser di periode 2 hehehe

    Agus warteg said:
    1 Juni 2020 pukul 10:14 PM

    Wow, lihat gambar cumi nya menggoda sekali kang. Dari semua hasil laut aku paling suka makan cumi, cuma ya tidak suka harganya saja yang mahal.😂

    Ternyata banyak sekali manfaat kalo makan ikan ya.😃

      mysukmana responded:
      2 Juni 2020 pukul 6:19 AM

      Ayo makan ikan kak..(Kata Bu Susi)

    jelajahlangkah said:
    1 Juni 2020 pukul 11:00 AM

    Saat ini saya sudah mengurangi konsumsi daging merah dan daging putih; beralih mengkonsumsi ikan, mas. Lebih sehat saja sih… Konsumsi daging merah dan daging putih sesekali saja

      mysukmana responded:
      2 Juni 2020 pukul 6:22 AM

      iya kak, lebih baik makan ikan memang kalau buat harian dari pada ayam

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s