Ini Cara Mengganti Kartu Debit Bank Mandiri Visa yang Hilang Serta Manfaat Menggunakan Kartu GPN dan Visa

Posted on Updated on

Daily – Kartu ATM saya sebenarnya sudah hilang sejak 2019 yang lalu waktu ke KL, sampai lupa hilangnya dimana? Jadi selama ini Cuma ngandalin MBanking, kalau mau tarik tunai biasanya uang yang ada di ATM Mandiri saya pindahkan ke Mandiri Syariah dulu, ribet banget ya?

Beberapa hari lalu pas mau ambil uang buat transfer lebaran, ternyata error mobile bankingnya, dan terpaksa harus menggunakan uang seadanyanya dulu. He..he.. toh lebaran disaat pandemi covid19 ini memang tidak terlalu banyak pengeluaran. Alhasil sehari setelah lebaran barulah saya ke Bank untuk bikin ATM baru lagi dan ngurus MBanking yang error.

Nah, disini saya mau membagikan pengalaman saya ngurus ATM Mandiri. Ternyata ngurusnya mudah dan gak pakai ribet seperti dulu yang harus bikin surat kehilangan di kantor kepolisian.

Dari Bank yang di Indonesia sekarang, memang syaratnya dipermudah dan dari segi kartu debit baik sudah mulai banyak pergantian menggunakan chip sejak ada khasus skaming tahun lalu.

Sebelum bikin, pastikan dulu mau bikin kartu baru jenis apa? GPN atau VISA, Karena waktu awal dulu jenis kartu saya VISA, karena ada perubahan kebijakan dari magnetic ke chip saya buat baru model GPN, dan sekarang waktu habis lebaran kemarin saya gunakan lagi VISA, karena saya bener bener sangat membutuhkannya.

Perbedaan Kartu GPN dan VISA

  • Kenyamanan pertama yang akan dirasakan pemegang kartu debit GPN adalah adanya penurunan merchant discount rate (MDR) dari 3% menjadi 1%. Hal ini disebabkan semua data transaksi diproses di dalam negeri.
  • Jika sebelumnya biaya transfer beda bank menggunakan kartu berlogo Visa sebesar Rp 6.500 per transaksi, sekarang menjadi Rp 2.500 – Rp 4.000 dengan adanya GPN
  • Biaya tarik tunai di mesin ATM milik bank yang berbeda turun dari Rp 6.500 – Rp 7.500 menggunakan kartu debit Visa dan Mastercard menjadi hanya Rp 3.500 – Rp 4.000.
  • Apabila selama ini dengan menggunakan kartu debit berlogo Visa, nasabah dikenakan biaya transaksi sebesar 2-3% oleh masing-masing provider, dengan GPN biaya ini turun menjadi hanya 1%.
  • Sedangkan dengan menggunakan kartu berlogo VISA bisa digunakan dimanapun baik transaksi domestik maupun saat diluar negeri, seperti transaksi tarik tunai dan belanja di Luar Negeri dengan kurs kompetitif.
  • Kemudahan Berbelanja Online di website online/eCommerce yang sudah 3D Secure/Verified by Visa. Dengna menggunakan VISA kenyamanan transaksi pembayaran belanja dengan menggunakan mandiri debit VISA, di berbagai merchant online/e-com bisa dilakukan dengan mudah

Megurus Biaya Ganti ATM dan Mobile Banking

Nah disini saya juga mengurus ATM Baru dan Mobile Banking, caranya cukup mudah, yaitu cukup datang ke Bank Mandiri cabang terdekat dengan syarat membawa :

  1. KTP
  2. Buku Tabungan

Lalu langsung masuk ke antrian CS (Customer Service) dan bilang kalau ATM hilang dan mau ganti baru jenis VISA sekalian mengurus mobile banking. Disana akan dipandu dengan mbak-mbaknya. Btw, pastikan hafal nomor PIN ATM, user passw MBanking dan PIN Mbanking, kalau bisa semuanya dibuat berbeda-beda

GImana kak,, Punya pengalaman dengan perbankan?

13 respons untuk ‘Ini Cara Mengganti Kartu Debit Bank Mandiri Visa yang Hilang Serta Manfaat Menggunakan Kartu GPN dan Visa

    hakam said:
    19 Mei 2021 pukul 3:12 PM

    mau tanya nih.. bisa gak pindah GPN ke Visa

      mysukmana responded:
      19 Mei 2021 pukul 3:20 PM

      GPN ke Visa bisa kak

    jessmite said:
    26 Februari 2021 pukul 4:46 PM

    Halo pak… Saya sendiri baru aja membuat rekening dan pilih buat kartu ATM Mandiri yang berlogo VISA padahal saya belum pernah ke luar negeri hahaha. Maunya sih biar lancar aja kalau nanti mau cairkan uang dari PayPal. Tapi apakah ngaruh ya pakai kartu debit berlogo GPN atau Visa untuk cairkan dana dari PayPal ke rekening Mandiri…? Soalnya saya masih newbie nih masalah transaksi luar negeri begini.

    Kalau misalnya pakai GPN juga udah bisa buat cairin dana PayPal ya saya akan pilih kartu ATM GPN saja karena biaya adminnya lebih murah. Kartu berlogo VISA kena Rp4.500, sedangkan GPN Silver kena Rp2.000 saja. 😀

      mysukmana responded:
      27 Februari 2021 pukul 6:54 PM

      gapapa bu, siapa tau ntr habis pandemi bisa jalan jalan keluar negeri. selisih 2000 klo buat kepentingan bisnis udah relain aja, itung itung kayak bayar parkir he he he

        jessmite said:
        27 Februari 2021 pukul 8:55 PM

        Wah saya ketahuan perhitungan banget nih, ya.. hahahaha. Amin makasih pak doanya 😀

    Widiyanti said:
    24 Februari 2021 pukul 4:59 PM

    Saya lupa no pin saya

      mysukmana responded:
      25 Februari 2021 pukul 12:14 PM

      langsung ke Bank saja bawa buku tabungan kak

    khsblog said:
    28 Mei 2020 pukul 7:39 AM

    wah punya ku masih punya yang lama…kapan2 coba ganti ke GPN

      mysukmana responded:
      29 Mei 2020 pukul 5:55 AM

      coba saja kak, kalau cuma domestik memang enak GPN, tapi kalau luar ya pilih yg ada logo VISA nya

        khsblog said:
        30 Mei 2020 pukul 1:43 PM

        secara jarang ke LN 😀

          mysukmana responded:
          31 Mei 2020 pukul 5:25 AM

          gpp om, buat jaga jaga saja hehe

    aldilalala said:
    27 Mei 2020 pukul 12:46 PM

    Kartuku GPN tapi biaya transfer kok tetap 6500 kak? Apa karena pakai mobile banking bukan mesin ATM kah?

      mysukmana responded:
      27 Mei 2020 pukul 12:48 PM

      Iya kak..krn pake mbanking jg..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s