Senja di Pulau Merah, Pantai Selatan Ujung Timur Banyuwangi

Posted on Updated on

#Travel – Banyak sekali hal hal baru yang saya jumpai saat berkunjung ke Banyuwangi, mulai dari destinasi yang berbau alam dan hutan hingga lautan. Kali ini saya berkunjung ke Pulau Merah, yang lokasinya memang cukup jauh, karena berada di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi. Bahkan saya harus menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam dari pusat kota.

Pulau Merah adalah destinasi pantai yang terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi. Nama Pantai ini berasal dari tadanya sebuah bukit atau pulau kecil  yang memiliki tinggi sekitar 200 m dan tersusun dari tanah Berwarna Merah yang berlokasi tak jauh dari pantai, maka dari itu disebut dengan Pantai Pulau Merah. Menurut saya, destinasi ini tidak jauh beda dengan pantai-pantai selatan di Jogja yang sering saya kunjungi dan terkenal dengan ombaknya yang cukup besar.

Pantai yang terdiri dari  hamparan pasir putih ini terbentang hingga 3 km  jauhnya.  Ombak Pantai Pulau Merah cukup besar karena seperti pantai-pantai di Gunungkidul dan Joga. Perbedaannya, Disini saya melihat banyak peselancar yang cukup berani memacu adrenalin baik peselancar lokal maupun mancanegara.

Saat sore hari berada di Pulau Merah, saya lebih menikmati pemandangan pantainya saja dan sambil duduk duduk dikursi pinggir pantai dengan payunya. Melihat para wisatawan lain yang sedang bermain-main ditepi pantai. Di sekitaran pesisir pantai ini juga banyak warung dan orang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Mulai seafood hingga makanan kecuil. Karena keadaan sebenarnya sudah cukup capek, saya lebih memilih menikmati Es Kelapa Muda dan Ngemil Cilok dipinggir pantai saja.

Hari semakin sore dan senja mulai tersirat dilangit Pulau Merah, Biasanya bukit atau Pulau Merah yang berada di dekat pantai tersebut juga bisa dikunjungi saat air laut sedang surut. Akan tetapi waktu itu air laut sedang pasang, Seingga Pulau Merah tersebut dipisahkan dengan air laut danseperti Pulau yang berdiri sendiri. Saat matarahari terbit maupun tenggelam, keindahan pantai Pulau Merah begitu dinantikan para wisatawan termasuk saya.

Sungguh indah ciptaan Allah SWT ya kak? Yuk Jalan-jalan ke Banyuwangi.

5 respons untuk ‘Senja di Pulau Merah, Pantai Selatan Ujung Timur Banyuwangi

    Rina Darma said:
    11 Maret 2020 pukul 10:17 PM

    Cukup panjang juga ya garis pantainya 3 km. Klo di GK udah bs jd beberapa pantai hehe… Padahal kayaknya cuma deket2an tp nama pantainya beda2 wkwk… Jangan2 di situ jg?

    dinimuktiani said:
    10 Maret 2020 pukul 10:03 AM

    Aku lebih suka Teluk Hijau, wkwkwk

    mysukmana responded:
    7 Maret 2020 pukul 10:18 AM

    bener banget mas, jadi kalau pas surut bisa nyebrang..wah di sumatra ada juga ya kak..
    langsung search pulau pamutusan nih..

    bara anggara said:
    6 Maret 2020 pukul 4:35 PM

    berarti kalau lagi surut, dia bakal menyatu dengan pulau jawa ya? mirip pulau pamutusan di sumatera barat hehe..

    khas pantai selatan jawa ya, berombak,, cocok bgt buat pecinta surfing..

    -Traveler Paruh Waktu

      mysukmana responded:
      7 Maret 2020 pukul 10:19 AM

      bener banget mas, jadi kalau pas surut bisa nyebrang..wah di sumatra ada juga ya kak..
      langsung search pulau pamutusan nih..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s