Pesona Keindahan “The Africa in Java”, Baluran Jawa Timur

Posted on Updated on

#Travel – Siang itu setelah makan siang, saya melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran. Setelah berhenti di pintu masuk taman nasional, saya dan rombongan memilih menggunakan kendaraan shuttle.

Jujur ini adalah memang pertama kalinya saya mengeksplore banyuwangi, karena biasanya lebih prefer ke Bali. Ternyata wilayah Jawa timur paling ujung ini menjadi sebuah kawasan destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Karena memang pesonanya yang sangat luar biasa, terlebih di wilayah Baluran yang mempunyai sebutan “Little Afrika in Java”

Lalu seperti apakah Taman Nasional Baluran ini? Baluran adalah sebuah kawasan yang digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam flora dan fauna. Baluran juga mempunyai beberapa jenis wilayah, diantaranya adalah Hutan Musim, Hutan Evergreen, Savana Bekol dan yang paling ujung adalah Pantai Bama.

Perjalanan pertama kali di 5 kilometer pertama dengan melewati Hutan Musim, Guide saya waktu itu menceritakan bahwa hutan musin tersebut merupakan hutan yang dapat berubah-rubah sesuai dengan musimnya. Sebagai contoh pada saat musim penghujan, Hutan tersebut berubah menjadi gersang, bewarna coklat dan dedaunan pada berguguran. Pada saat perjalanan ke Baluran, saat itu pada musim penghujan, sehingga semua suasananya begitu hijau

Setelah perjalanan 5 kilometer, masuklah ke kawasan Hutan Evergreen. Pepohonan dihutan ini tampak dalam kondisi subur tanpa terpengaruh musim meskipun dalam keadaan musim kemarau. Perjalanan di dalam hutan Evergreen ini kurang lebih 3 kilometer. Setelah itu baru masuk dikawasan Savana Bekol.

Hari sudah mulai siang, dan AC Shuttle Busnya kurang adem, jadi waktu itu saya bener bener berasa sumuk. Tak lama sampailah di Savana Bekol, Savana inilah yang disebut dengan “Little Africa”. Little Afrika ini memiliki luas sekitar 10.000 hektar atau lebih dari sepertiga kawasan ini. Waw, disinilah bener bener seperti di luar negeri alias di Afrika. Kalau pas musim hujan bewarna hijau, tapi kalau pas musim kemarau disini cukup gersang dan panas.

Selama perjalanan, saya melihat banyak sekali kera kera liar dan beberapa habitat hewan sepertu rusa dan Banteng. Bener bener the little Afrika sekali. Perjalanan tersebut berujung di sebuah pantai bernama Bama. di Pantai Bama inilah saya bisa instirahat dan menikmati ombak pantai yang sangat tenang, bahkan hampir tidak ada ombak disini. Pasir putih dengan beberapa tumbuhan mangrove yang tumbuh ditepian. Namun sayang tidak bisa mengabadikan pantai Bama, karena baterei kamera habis, gak seru banget.

Gimana kak? udah pernah ke Afrika Jawa Timur ini?

6 respons untuk ‘Pesona Keindahan “The Africa in Java”, Baluran Jawa Timur

    Ikhwan said:
    5 Juni 2020 pukul 4:18 PM

    Menarik juga ya karena tempatnya punya dua “pemandangan” berbeda tergantung didatangi pas musim apa. Penasaran suasananya pas musim kering. Pasti makin mirip Afrika hehe.

    bersapedahan said:
    16 Maret 2020 pukul 1:43 PM

    dari dulu pengen ke “afrika’ ini tapi belum kesampaian.
    wah sekarang jalannya sudah aspal mulus begitu ya …

    ibenimages said:
    6 Maret 2020 pukul 5:15 AM

    Iya saya kesana jg Desember.. kering. Banyuwangi asyik!

      mysukmana responded:
      7 Maret 2020 pukul 10:19 AM

      enak klo pas hujan kak…ijo royo2

    Ikha said:
    2 Maret 2020 pukul 9:45 AM

    wah sudah hijau sekarang. saya kesana kemarin bulan desember masih kering-keringnya.

    kalau ke pantai Bama gemes sama monyet-monyet disana yg suka nilap jajan.

      mysukmana responded:
      3 Maret 2020 pukul 11:35 PM

      iya mbak ikha, ijo royo royo, pas disana juga mendung banget mau ujan, eh pas ninggalin Baluran langsung mak bress

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s