Daftar Warung Sate Kambing Favorit di Kota Solo dan Sekitarnya

Posted on

#Culinary – Tiba tiba pengen nulis saja tentang Sate Kambing yang merupakan menu favorit saya dan istri kalau lagi pengen , eh…pengen makan sate maksudnya. Ngomongin soal Sate, Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kambing, ayam, domba,sapi, ikan, yang dopotong kecil dan ditusuk dengan tusukan sate yang biasanya terbuat dari bambu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu sehingga memiliki bau yang khas.

Tapi kali ini yang sering dijumpai di kota Solo yaitu lebih ke Sate Kambing dan beberapa cukup terkenal. Sate sendiri disajikan dengan berbagai macam jenis bumbu bergantung pada variasi resep sate dari daerahnya masing- masing misalnya seperti bumbu kacang, meskipun Sate Kambing memang lebih cocoknya menggunakan bumbu kecap dengan taburan cabai serta bawang merah.

Dari beberepa referensi, ternyata sate pertama kali diketahui berasal dari pulau Jawa, diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar abad ke 19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad tersebut bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab ke Indonesia. hal ini pula yang akhirnya menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab, seperti yang ada di Kota Solo dan Sekitarnya saat ini

Perlu diketahui bahwa Sate adalah masakan khas Nusantara yang mendunia, sate mendapat urutan ke 14 yang digelar oleh World’s 50 most delicious foods sebagai masakan terlezat. Di Indonesia sate memiliki ciri khas masing-masing, seperti di kota Solo, banyak sate disajikan dengan bumbu kecap.

Nah, berikut adalah Warung Sate Kambing yang ada di kota Solo dan menjadi favorit saya, kalau mau nambahi silahkan?

  • Sate Kambing Hj. Bejo (Belakang Luwes Sangkrah Solo, 08.00-16.00)
  • Sate Kambing Pak Bagong ( Jl. Ahmad Yani 66 Kartasura, 09.00-20.00)
  • Sate Kambing Pak Bunder ( Jl Adi Soemarmo 42 Ngabeyan Kartasura 09.00-20.00)
  • Sate Kambing Samin (Ps. Kembang Ke Selatan, 400 M Kanan Jalan, 07.00-16.00)
  • Sate Kambing Pak Manto (Belakang Sami Luwes Solo, 07.30 – 19.30)
  • Sate Kambing Pak Kasdi ( Depan Stasiun Balapan Solo, 07.00-19.00)
  • Sate Kambing Pak No Penumpung (Perempatan Penumping, 09.00-21.00)
  • Sate Kambing Solchin (Jl. Sudiroprajan 113 Jebres Solo, 06.00-14.00)
  • Sate Kambing Jeng Sri ( SMA3 Wamir ke Timur 300 M Kiri Jalan)
  • Sate Kambing Widuran (Depan Pegadaian Widuran Solo, 05.30 – 09.00)
  • Sate Kambing Djito Dlidir (Seberang Warung Mbok Ti 09.00-20.00)
  • Sate Kambing Pak Mardi (Monunem Pers Ke Timur 300 M, 06.30-15.00)
  • Sate Kambing Mas Di (Jl. Slamet Riyadi, Kartasura, Barat Pom Bensin Ngadirejo, 06.00-17.00)

12 respons untuk ‘Daftar Warung Sate Kambing Favorit di Kota Solo dan Sekitarnya

    Rahma balci said:
    19 Februari 2020 pukul 2:51 AM

    barusan kemaren liat foodvloger hari jisun yg orang korea itu, dia baru nyicip sate buntel di solo. reviewnya ok katanya enak banget.

    ehmm kalo saya**bkn penggemar sate kambing hehhe…*nyerahhh. cuma seneng yang nontonin makannya aja

      mysukmana responded:
      12 Maret 2021 pukul 9:59 AM

      pasti sate kambing itu bikin nagih kak..ak aja ketagihan hahaha

    adhyasahib said:
    17 Februari 2020 pukul 11:18 PM

    Sate emang gak ada duanya, suami saya yang udah beberapa tahun tinggal di indonesia menjadikan sate salah satu menu favorit nya

      mysukmana responded:
      18 Februari 2020 pukul 9:15 AM

      suaminya bule ya kak, pasti seneng banget makan sate,cobain sate buntel kak, pasti tambah seneng..

    asambackpacker01 said:
    17 Februari 2020 pukul 5:00 PM

    pak manto itu yang bulan lalu meninggal ya?terkenal sekali satenya. kapan2 kalau ke Solo coba ah. btw, sate kecap mana yang paling enak menurut mas Sukmana?

      mysukmana responded:
      17 Februari 2020 pukul 7:14 PM

      Iya betul om..almarhum pak Manto..
      Hmm menurut saya ya..

      1. Mas Di
      2. Bu Bejo
      3. Pak No

        asambackpacker01 said:
        17 Februari 2020 pukul 7:23 PM

        saya juga baca review di Google banyak yg lebih rekomendasikan mas Di. suwun. 🙏

          mysukmana responded:
          17 Februari 2020 pukul 8:49 PM

          Apalagi mas di deket rumah mertua saya mas..jalan kaki 50 meter aja hahaha

    Trah Sengkuni said:
    17 Februari 2020 pukul 12:48 PM

    Bebeapa hari ini saya juga berburu sate.Demi menambah stamina. Lagi tensi darah rendah.

      mysukmana responded:
      18 Februari 2020 pukul 9:16 AM

      wah..mantap, biar makin tinggi ya om hehe

    Titik Asa said:
    16 Februari 2020 pukul 8:18 PM

    Sate kambing & sop kambing salah satu makanan favorit saya nih Mas. Tp sekarang krn faktor U saya sudah jarang makan.
    Banyak juga ya di Solo warung sate kambing. Mantaps deh.

    Di Sukabumi ada warung sate kambing yg terkenal, namanya Warung Sate H. Mamat. Banyak pejabat yg sudah mampir disini termasuk Pak Presiden Jokowi pernah makan sate disini waktu kunjungan ke Sukabumi.

    Salam dari Sukabumi.

      mysukmana responded:
      17 Februari 2020 pukul 12:59 AM

      iya om, kalau faktor U jangan sering-sering, tetap jaga kesehatan..
      wah kalau pas ke Sukabumi bisa tuh mampir ke H. Mamat

      Salam dari Solo om..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s