Kulineran Bothok Mercon Mbah Wiro di Sragen

Posted on Updated on

#Culinary – Siapa sih yang gak doyan makanan pedas? Saya pribadi termasuk suka. Kali ini perjalanan kuliner saya menuju kesalah satu kuliner yang cukup dikenal di daerah Sragen yang merupakan bagian dari Solo Raya ini.

Salah satu makanan yang cukup terkenal di daerah jawa khususnya adalah Bothok. Bothok sendiri sebenarnya adalah Botok makanan yang terbuat awalnya dari ampas atau bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya. Pada awalnya botok yang terbuat dari ampas kelapa ini dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi ini tidak dibuang.

Namun seiring perkembangan kuliner, Bothok sendiri kini bermacam macam jenisnya, mulai dari Bothok tahu, Bothok Mlanding dan lainnya sebagainya, hingga salah satu warung yang dimiliki oleh Mbah Wiro ini juga menjual yang namanya Bothok Mercon.

Lalu seperti apa sih Warung Mbah Wiro yang terkenal dengan Bothok Merconnya tersebut?

Lokasi Warung Makan Bothok Mercon Mbah Wiro

Beberapa waktu lalu, setelah perjalanan dari mencari duren di Mojogedang, saya bersama teman-teman langsung menuju Sragen untuk menikmati makanan Bothok tersebut. Warung Bothok milik mbah Wiro terletak di Jl. Gemolong-Sragen, RT.03/RW.02, Nglombo, Tenggak, Kec. Sidoharjo, Kabupaten Sragen.

Jadi rute yang ditempuh supaya mudah adalah melewati pintu luar Tol Sragen, disitu terdapat jalan Sragen menuju Gemolong. Bothok mercon Mbah Wiro ini terletak kurang lebih 2 kilometer dari pintu Tol tersebut kea rah Gemolong.

Menu dan Harga Warung Makan Bothok Mercon Mbah Wiro

Setelah sampai dan memarkirkan mobil didepan warung, kami memesan  Bothok yang terdiri dari Bothok Mercon Ikan Patin dan Bothok Mercon Daging Ayam. Bothok Mercon Ikan Patin sendiri terdiri dua pilihan (bagian khusus kepala atau bada saja). Karena kami waktu itu bertiga, kita coba semuanya pokoknya.

Usut punya usut ternyata warung yang sudah berdiri sejak tahun 80 an ini, hingga saat masih menjadi langganan masyarakat Sragen dan sekitarnya. Di Warung sederhana inilah sambil menunggu Bothok Mercon datang kami juga menikmati es the, uniknya es teh disini disajikan tambahan dalam satu porong. Jadi kalau kepedesen tinggal nambah saja.

Dan akhirnya pun Bothoknya datang, dengan sajian bothok menggunakan daun pisang, rasa bothok mercon tersebut terasa lebih alami. Jangan tanya seperti apa pedasnya, pasti sangat huh hah dimulut. Kulineran seperti ini sangat cocok memang disajikan dengan nasi anget dan minuman yang panas atau es.

Untuk harga, Bothok dengan harga satu porsi dengan nasi dan teh manis di tarif 15K hingga 20K tergantung jenis Bothoknya. Ayam atau Ikan patin.

Gimana kak?  penyuka pedas wajib mampir kesini

Iklan

3 respons untuk ‘Kulineran Bothok Mercon Mbah Wiro di Sragen

    Frany Fatmaningrum said:
    16 Desember 2019 pukul 5:54 AM

    Kuliner Sragentina ternyata luarr biasaa. Kethok’e aku durung tau ning Sragentina.

      mysukmana responded:
      16 Desember 2019 pukul 9:27 PM

      ya besok kalau pas pulang kampung kudu mampir mak..

      mannulis said:
      22 Agustus 2021 pukul 4:08 AM

      Sepertinya enak sekali makanannya, Ingin mencobanya nanti

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s