Karimunjannah, Penginapan Jauh dari Keramaian di Karimunjawa

Posted on Updated on

#Staycation – Berkunjung ke Karimunjawa memang membuat saya tidak pernah bosan. Biasanya kalau tinggal di sana, saya menginap di tempat seadanya atau homestay teman maupun dirumah penduduk. Karena kali ini membawa tamu saya memilih tinggal di homestay yang sedikit upgrade dari biasanya. Home stay tersebut bernama Karimunjannah yang berarti Surga Karimun.

Setelah perjalanan kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan kapal cepat dari Jepara, sampailah saya di pelabuhan Karimunjawa dan disambut oleh rula teman saya yang tinggal di Karimunjawa. Diantarlah saya ke salah satu Homestay yang sudah saya booking seminggu sebelumnya, yaitu Karimunjannah tersebut.

Setelah sampai di Karimunjannah, saya disambut oleh ownernya yang merupakan warga Negara Inggris. Di Usianya yang sudah pensiun dari pekerjaannya dahulu sebagai banker di timur tengah (Arab Saudi, Qatar) membuat dia bertemu dengan pujaan orang indonesia dan mendirikan Karimunjannah tersebut.

Lokasi Karimunjannah Homestay

Lokasi Karimunjannah sendiri memang jauh dari pelabuhan dan pusat perekonomian Karimunjawa, kurang lebih 3 kilometer dari pelabuhan dan alun-alun kearah bandara Dewandaru. Lokasinya yang terletak dipinggir jalan utama Pelabuhan-Bandara ini membuat Karimunjannah mudah dijangkau, meski harus menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Alamat lengkap Karimunjannah Homestay berada di Jatikerep, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Lobi dan Cafe Karimunjannah Homestay

Secara khusus Karimunjannah tidak mempunyai lobi, setelah turun dari kendaraan dan disambut dengan pemilik, kami langsung dipersilahkan makan siang yang letak restorannya berada di lobby tersebut. Lobby Karimunjannah Homestay juga berupa café dan restoran yang menyediakan beberapa makanan khas Karimunjawa dank has untuk bule. Selain disediakan untuk tamu homestay, lobby tersebut juga disediakan untuk umum, jadi siapapun yang berada di Karimunjawa bisa nongkrong atau makan di sini.

Kamar Karimunjannah Homestay

Setelah makan siang, kamipun meletakkan barang bawaan ke kamar dan melihat kamar Karimunjannah yang cukup memadai untuk ukuran homestay yang ada di Karimunjawa tersebut. Model bangunannya semi resort dengan kamar-kamar yang terpisah dan berjejer dalam satu lantai.

Tempat tidur di Karimunjannah tersedia baik yang model Single Bed, Twin Bed dan extra bed. Spesifikasi kamar yang saya huni ini sangat minimalis namun tetap nyaman dengna ukuran  25 square. Beberapa fitur yang terdapat dikamar seperti (TV, AC, dan air panas) sudah ada di Karimunjannah, namun jangan harap kalau disini ada kulkas dan lemari pakaian. Yang ada hanya gantungan pakaian dan handuk saja.

Didalam Kamar mandi juga sudah disediakan 2 pasang handuk, dan toiletries yang terdiri 2 buah sikat gigi bersama odolnya. Model kamar mandinya berbentuk shower dengan WC standar bule (American Standar). Saat saya mandi air hangat di Karimunjannah berfungsi dengan baik, sangat cocok digunakan untuk bilas setelah berendam seharian dari air laut Karimunjawa.

Menu Sarapan Pagi di Karimunjannah Homestay

Pagi harinya, sebelum persiapan untuk melaut, menginap di Karimunjannah sudah include dengan sarapan pagi. disini mulai jam 06.00 saya bisa memesan dan memilih dua jenis  menu sarapan yang disediakan. Menu pertama yaitu nasi goreng telur atau menu pilihan kedua yaitu roti dan telur bersama minumannya yang bisa dipilih juga baik kopi maupun teh.

Jadi jangan berharap ada menu lain selain kedua pilihan tersebut, kalau ada pun harus ada biaya tambahan selain kedua menu tersebut. Untuk air minum atau mineral dapat minta secara gratis di resto tersebut dan tersedia selama 24 jam.

Gimana kak? Ingin mencari ketenangan dalam menginap di Karimunjawa, Karimunjannah bisa jadi alternatif karena letaknya jauh dari pelabuhan.

8 respons untuk ‘Karimunjannah, Penginapan Jauh dari Keramaian di Karimunjawa

    Ceritaeka said:
    1 Desember 2019 pukul 4:14 PM

    Harganya berapaan, Mas?

      mysukmana responded:
      1 Desember 2019 pukul 5:23 PM

      Waktu itu ak dpt harga 250 kak dr OTA

    James Y. Wijono said:
    21 November 2019 pukul 3:19 PM

    Berapa rate menginapnya per malam mas? Ada brp kamar tersedia di homestay ini?

      mysukmana responded:
      21 November 2019 pukul 3:23 PM

      Di traveloka ada om. Sy kmrn dpt 300k
      Dekitar 10 kamar klo g salah om

    aryantowijaya said:
    21 November 2019 pukul 10:47 AM

    Penginapannya berasa rumah sendiri ya tampaknya. Saya belum pernah ke Karimunjawa, dulu 2014 sudah sampai di pelabuhan Kartini, Jepara, tapi hujan badai dua hari dua malam jadi tidak ada kapal yang berangkat.

    Kalau warga lokal di sana mereka bicara pakai bahasa daerah apa ya mas? Bahasa Jawakah?

      mysukmana responded:
      21 November 2019 pukul 4:50 PM

      kalau warga lokal bicara pakai bahasa jawa logat semarangan om,
      iya om, kalau pas lagi badai, semua gak jalan kapalnya..

    Dita said:
    21 November 2019 pukul 8:42 AM

    sekarang udah banya banget ya pilihan penginapan di Karimun Jawa, aku ingetnya dulu yg terkenal cuma wisma apung

      mysukmana responded:
      21 November 2019 pukul 10:31 AM

      sekarang disana banyak banget kak,dan bagus bagus sekarang penginapannya..hotel berbintang juga berdiri megah disana..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s