Tour di Rumah Sakit “JIH Solo”, Rumah Sakit Rasa Hotel Bintang Lima

Posted on Updated on

#Lifestyle and Review – Siapa sih yang ingin sakit? tentunya semua orang tidak ingin mengalaminya. Bahkan dikasih fasilitas sehebat apapun di Rumah Sakit, tetep saja orang orang tidak mau sakit kan?. Namun bagaimanapun, kita adalah seorang manusia yang pastinya diberi ujian oleh Allah SWT dimana salah satunya adalah “Sakit dan Penyakit”

Ngomongin soal sakit, Kemarin saya sempat berkunjung dan memenuhi undangan dari salah satu rumah sakit yang baru saja dibuka awal September 2019, yaitu RS JIH Solo. Mendengar tentang JIH, sudah tidak asing lagi sebenarnya di telinga saya yang pernah tinggal di Jogja. JIH atau Jogja International Hospotal sekarang lebih dikenal dengan istilah Jogja Indonesia Hospital. JIH Sendiri membuka cabang baru di Solo dengan nama RS JIH Solo, dimana sudah soft opening awal September 2019.

Kembali ke ngomongin Sakit, Penyakit dan Rumah Sakit. Orang sakit atau yang mempunyai penyakit tentunya seorang pasien ingin lebih nyaman saat dirawat di rumah sakit. Fasilitas serta akomodasi dan pelayanan yang berstandar tinggi dengan harga yang cukup terjangkau serta dokter-dokter yang sudah berpengalaman serta professional tentunya. Hal ini saya temukan saat saya dipaparkan mengenai seperti apa JIH Solo tersebut.

Bahkan saya sempat tanya dibagian polikliniknya, ” berapa sih tarif dokter saat periksa?” ternyata untuk dokter spesialis Rp. 125.000 sedangkan dokter umum Rp.100.000, batin saya, lumayan lebih murah sih dibanding dokter rumah sakit lainnya. Dokternya pun beberapa namanya juga sudah familiar di Kota Solo.

Oke Sekarang saya mau bahas satu persatu seperti apa sih Rumah Sakit JIH Solo?

Fasilitas Auditorium

Setelah dipaparkan oleh Public Relation sambil menikmati snack di Meeting Room lantai 10, saya langsung diajak keliling rumah sakit ini. Pertama adalah di Auditorium RS JIH Solo. Baru tau kalau rumah sakit ini mempunyai auditorium layaknya hotel-hotel berbintang. Auditoriumtersebut mampu menampung 200-300 yang dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya adalah LCD Screen, Ruangan BerAC, Kursi, Sofa, Mic Wireless, Meja Receptionist, Podium, Mini Garden, Sound System dan Wifi.

FYI juga nih bagi yang pengen pinjem Auditorium RS JIH Solo, ada promo gratis sampai dengan bulan Februari 2020. acara tersebut hanya berlaku untuk kegiatan seminar – seminar. Kecuali nikahan ya, masak mau nikahan di rumah sakit, mau bahagia diatas penderitaan orang lain ?

Harga Serta Fasilitas Kamar di RS JIH Solo

Kamar dari RS JIH Solo terdiri dari Total 115 kamar, Pertama adalah kelas President Suite, pertama kali masuk ker kamar ini batin miskin saya langsung bergejolak ” serius ini kamar rumah sakit, kirain hotel bintang 5″ he..he..he..Kamar yang lengkap dengan fasilitasnya ini di bandrol dengan harga 2,5 juta permalamnya.

Didalamnya terdapat beberapa fasilitas yang rasanya udah kayak rumah sendiri, diantaranya adalah AC ,1 bed, ruang keluarga, ruang rapat, kamar mandi , kloset duduk elektrik, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, lemari pakaian, dispenser, LED Smart TV 70”, bed penunggu, telepon, kitchen set, 1 set meja makan.

Kalau kayak gini kira kira yang sakit tetep betah atau pengunjungnya yang betah ya?

Kedua adalah Suite Room, Dibanding dengan presiden suite sebenarnya hampir mirip, hanya saja di Suite Room tidak ada ruang rapat. Dan fasilitasnya sedikit dibawah dari President Suite.

Kamar permalamnya untuk rawat inapnya di bandrol dengan harga 1,2 juta ini terdapat fasilitas berupa AC, 1 bed, ruang keluarga, kamar mandi, kloset duduk elektrik, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu,overbed table, meja TV, lemari pakaian, dispenser. LED Smart TV 50″,bed penunggu. telepon, kitchen set, 1 set meja makan.

Berikutnya adalah Kamar VVIP, Kamar vip sendiri di banroll dengan harga 900.000 per malamnya dengan fasilitas terdiri dari AC, 1 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, Iemari pakaian, dispenser, meja, sofa bed, LED TV 49″, bed penunggu dan telepon. Nah ini penampakannya seperti dibawah ini :

Keempat adalah  Kamar VIP, Kamar ini di bandroll dengan harga 700.000 permalamnya dengan fasilitas terdiri dari AC, 1 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, Iemari pakaian, dispenser, meja, sofa, LED TV 43″, bed penunggu, telepon. Dan berikut penampakannya :

Oh iya untuk kamar lainnya saya tidak sempat mengambil foto, karena nanti waktunya terlalu panjang dan masih ada acara berikutnya, (Sok Sibuh) hehe, dan uintuk kamar-kamar lainnya adalah

  • Main Class dengan harga 500.000 terdiri dari AC, 1 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, Iemari pakaian, dispenser, meja, sofa, LED TV 40″, bed penunggu, telepon.
  • Kelas 1 harga 425.000 dengan fasilitas AC, 2 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kursi tunggu, overbed table, Iemari pakaian, LED TV 40″, telepon.
  • Kelas 2 harga 225.000 dengan fasilitas AC, 4 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kursi tunggu, overbed table, Iemari pakaian, LED TV 40″, telepon.
  • Kelas 3 dengan harga 110.000 dengan fasilitas AC, 4 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kursi tunggu, overbed table, Iemari pakaian, LED TV 40″, telepon.

Layanan Unggulan dari RS JIH Solo

Setelah melihat berbagai macam jenis kamar, saya juga dibawa menuju beberapa Poli yang menangani layanan unggulan dari RS JIH Solo. Beberapa layanan diantaranya adalah Layanan Ibu dan Anak. Layanan Ibu dan anak ini cukup spesial bagi saya, karena satu lantai khusus memang untuk Layanan Ibu dan Anak.

Dilantai ini terdapat ruang khusus untuk konsultasi dokter yang menangani masalah kehamilan dan anak. Nuansa hijau daun dan suasana clean dan clear terdapat dilayanan ini. Terdapat barisan kursi layaknya cafe yang memanjang dipinggir jendela dengan lampu diatasnya, sehingga bisa digunakan untuk para ibu yang menunggu antrian dengan nyaman.

Saya pun berjalan menuju ke lorong yang berada di samping kursi tersebut, disana terdapat ruangan khusus untuk Baby Show. Para orang tua atau keluarga tentunya bisa meihat langsung sang bayi yang baru lahir dari balik jendela kaca tersebut. Bentuk tempat bayinya pun lucu, mirip mirip di film alien gitu pokoknya.

Jadi bayangin nih, besok bayi kedua bisa lahiran disini, sapa tau dapat diskon juga dari rumah sakit, ha..ha..ha..

Kebetulan saya tidak melihat langsung ke layana unggulan lainnya, karena mungkin sedang dipakai waktu itu, Layanan Unggulan lainnya selain ibu dan anak juga menangani khusus seperti layanan untuk Penyakit Dalam, Hearing Center – THT, Medical Check-Up Executive with Patient Centered Care dan Minimal Invasive Surgery.

Layanan Fisioterapi Ibu dan Anak

Sayapun juga di ajak diruangan khusus yang didalamnya terdapat alat-alat fisio terapi, bahkan ada ruangan khusus untuk para calon ibu yang berminat mengikuti Senam Hamil, Perawatan Payudara hingga layanan pasca kelahiran untuk si buah hati, yaitu Pijat Bayi

Layanan Medis RS JIH Solo

Kecanggihan dan modernnya alat-alat yang berada di RS JIH Solo ini sempat membuat saya terkagum dibandingkan rumah sakit pada umumnya. Terutama saat saya memasuki ruangan Radiologi dan CT Scan dengan teknologi 128 slice. Bisa bayangkan kan, disini jika pasien di CT Scan bisa melihat langsung potongan-potongan dalam tubuh yang diterjemahkan dalam bentuk 3D, dan tahu kira kira penyakit apa saja yang berpotensi berada ditubuh kita. Malah ngeri sendiri kalau liat jadinya. Semoga kita semua diberi kesehatan selalu ya

Beberapa layanan medis lainnya seperti Laboratorium 24 Jam, Rehabilitasi Medik, Farmasi Klinik 24 Jam, Hemodialisa, Operating Theater 24 Jam, CSSD 24 Jam, Ambulance 24 Jam dan Tim Pemulasaran Jenazah 24 Jam. Semua tenaga medis disini siap sedia melayani pasien secara subjektif.

Poliklinik Rumah Sakit JIH Solo

Berikutnya menuju ke layanan Poliklinik Rumah Sakit JIH Solo, Poliklinik Rumah tersebut memiliki dokter-dokter berpengalaman serta handal dalam menangani pasien. Di Poliklinik ini pasien bisa memilih beberapa klinik yang disediakan, diantaranya adalah seperti : Poli Anak, Poli Kebidanan Kandungan, Poli Bedah Umum, Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah Syaraf Poli Bedah Plastik, Poli Urologi, Poli Orthopedi, Poli Jantung dan Pembuluh Darah, Poli Kulit dan Kelamin, Poli Mata, Poli Paru, Poli Gigi, Poli Kejiwaan dan terakhir adalah Poli THT yang juga menjadi Poli unggulan layanan medis di JIH Solo

Oh iya, untuk Poli Klinik Rumah Sakit JIH Solo buka setiap hari dari Jam 07.00-21.00 WIB yang  ditangani oleh puluhan dokter spesialis dengan pengalaman praktik yang cukup lama tentunya.

Fasilitas – fasilitas lain di RS JIH Solo

Menariknya lagi, di RS JIH Solo terdapat Coffe and Bakery Shop. disinilah para penunggu pasien bisa menikmati berbagai macam kopi dan roti layaknya kopi shop pada umumnya. Terdapat juga wifi hotspot yang terkoneksi 24 jam sehingga bagi para pekerja milenial yang berada didepan laptop, mungkin bisa nyambi pekerjaannya sembari menunggu kerabat yang sedang sakit..

Pas waktu saya mau mengambik kendaraan di parkiran, disini juga terdapat Masjid dengan karpet yang empuk, ber ac dan cukup nyaman untuk beribadah tentunya. Sangat cocok bagi para penunggu pasien yang menginginkan beribadah lebih tenang dan mendoakan secara kusyuk kerabatnya yang sedang sakit. Bagian lain yag masih dalam proses pembangunan dan kelengkapan adalah Gerai ATM, Shopping Arcade, Kantin serta Minimarket yang nantinya juga terdapat didalam RS JIH tersebut

Lobby RS JIH Layaknya Hotel Bintang 5

Terakhir adalah bagian lobby, lobby memang sengaja saya kunjungi paling akhir, karena kendaraan saya berada di lantai 3. Saat menuju lobi RS JIH Solo, saya malah terasa de Javu. Lobby ini mengingatkan saya saat berada di Changi Airport Singapura. Selain itu counter rumah sakitpun layaknya ruang FO dari hotel hotel bintang 5.

Terdapat beberapa tempat duduk membentuk lingaran dengan material sofa yang cukup empuk, sehingga akan selalu membuat nyaman para pengunjung yang akan datang menjenguk sanak kerabat yang sedang sakit. Tapi tentunya saya mendoakan para pembaca blog ini, semoga sehat selalu ya, Amiin.

Dan terakhir, just FYI : RS JIH Solo yang beralamat di Jalan Adi Sucipto No. 118, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Pengen lebih kepoin tentang RS JIH, bisa nih Telp / menghub di no 0271-7469100, Ponsel 081-1500-805, UGD : 1-500-805 atau di akun sosmednya di twitter : @rsjihsolo, fb : Rumah Sakit JIH Solo, ig : @rs.jihsolo, web : http://www.rs-jih.co.id serta emailnya di  infosolo@rs-jih.co.id.

 

Iklan

9 respons untuk ‘Tour di Rumah Sakit “JIH Solo”, Rumah Sakit Rasa Hotel Bintang Lima

    Yosh Chasez said:
    11 Oktober 2019 pukul 3:58 PM

    berasa one stop living ya mas…
    Rumah sakitnya lengkap banget fasilitasnya..

      mysukmana responded:
      13 Oktober 2019 pukul 10:20 AM

      pripun? pengen sare mriki mas yosh? hehe

    Avant Garde said:
    23 September 2019 pukul 8:44 AM

    jadi bingung, ini hotel apa RS ya mas hehehe

      mysukmana responded:
      27 September 2019 pukul 1:35 PM

      silahkan di terka terka sendiri, mau bobok sini mas?, hahaha

        Avant Garde said:
        29 September 2019 pukul 1:58 PM

        kalo bisa jangan mas …

    ghozaliq said:
    23 September 2019 pukul 6:05 AM

    President suite bisa kali ya pakai BPJS kelas satu wkwkwk

      mysukmana responded:
      27 September 2019 pukul 1:36 PM

      tombok mas..kwwk

    James Y. Wijono said:
    23 September 2019 pukul 3:59 AM

    Rumah sakit mewah banged ini.. yg nikmati tp bukan yg sakitnya 😁😁

      mysukmana responded:
      27 September 2019 pukul 1:35 PM

      yang seneng yang jaga pasien ya buk..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s