Wedangan Pak Wiryo, Wedangan Legendaris di Surakarta

Posted on Updated on

#Culinary – Ngobrolin Wedangan mungkin saya pernah menulisnya beberapa tahun lalu di postingan dengan judul “Angkringan, Hik dan Wedangan” Arti dari ketiganya sebenarnya sama saja. Kali ini saya akan sharing sedikit mengenai Wedangan Mbah Wiryo, atau dikenal dengan sebutan Mbah Wir. Saya dulunya gak tau wedangan yang ada di daerah Laweyan ini, karena pada umumnya saya lebih suka nongkrong di Wedangan Radjiman yang masih satu jalan dengan wedangan mbah Wir. Maklum, kalau Radjiman memang lebih banyak anak mudanya waktu itu dibanding mbah Wir yang rata – rata konsumennya sudah berumur ( jadi kesimpulannya saya sudah berumur sekarang hahaha).

Pertama kali kenal Wedangan ini justru saya dari keluarga istri, terutama almarhum paman dari istri yang suka banget mampir disini dulu. Konon Wedangan yang dimiliki oleh Wiryo Soemarto ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Sampai sekarangpun bangunannya masih sama seperti dulu, sederhana, merakyat dan terdiri dari bangku dan meja panjang.

Yang menarik dari Wedangan Mbah Wiryo ini adalah Jaddahnya. Jaddah bakarnya cukup terkenal, terlebih saat menikmatinya dihidangkan dengan minuman hangat seperti teh, jahe maupun kopi susu. Setiap meja terdapat satu baskomjadah (ketan) yang sudah dipotong-potong. Selain itu juga ada beberapa nasi dengan porsi ‘ngirit’ dibungkus dengan daun pisang yang di kenal dengan sebutan “Sego Kucing”

Makan Nasi Kucing ini sebaiknya diiringi dengan berbagai macam lauk seperti sate. Telur puyuh, usus, ati-ampela, kikil, keong, kerang. Bahkan ada sate yang terbuat dari tepung gandum, khusus buat para vegetarian yang rindu daging dan lain sebagainya. Selain itu juga ada rica bebek, karang gesing, telur pindang, bacem tahu, bacem tempe, tahu dan tempe goreng yang bisa dinikmati dengan nasi kucing sambal anget. hmm..enak banget pastinya.

Kira-kira penasaran tidak dengan warung asli orang Solo-Jogja ini. Kalau ke solo hubungi saya saja, insyaAllah kalau waktunya pas bisa deh saya antar ke sini. Bagi yang belum tahu, lokasinya di Jl. Perintis Kemerdekaan No.25 Lawean, Solo ( Aston Hotel Solo ke Arah Selatan Kiri Jalam Jam buka: 17.00 habis.

9 respons untuk ‘Wedangan Pak Wiryo, Wedangan Legendaris di Surakarta

    rynari said:
    31 Mei 2019 pukul 7:14 AM

    Naksir jadah bakarnya…… wedangan kuliner yang abadi sepanjang zaman yaak.

      mysukmana responded:
      31 Mei 2019 pukul 8:39 AM

      Iyap bener..jadah bakarnya memang nyuss..apalagi sama teh anget or wedang jahe

    ysalma said:
    30 Mei 2019 pukul 10:38 PM

    Angkringan biasanya bukanya kan malam, mas. Ini pukul 5 udah habis. yang jual udah ditunggu pelanggannya ya.

    sego kucing itu sejumput, tapi lauk teman makannya sepiring ya 😀

      mysukmana responded:
      31 Mei 2019 pukul 8:39 AM

      Hahah..bener sego sebungkus lawuhe sak piring

    shintadaniel said:
    30 Mei 2019 pukul 5:40 AM

    Langganan alm bapak dan bude saya nii…. blm pernah kesini langsung krn rame tp sering beli bawa pulang… kebetulan rumah bude deket situ tinggal jalan kaki…

      mysukmana responded:
      31 Mei 2019 pukul 8:40 AM

      Oya..wah kalau ke Solo kudu mampir dong bu shinta..

    Hendris Blog said:
    30 Mei 2019 pukul 12:44 AM

    Assalamualaikum, mas bro? Apa kabar? Udah lama aku nggak buka blog, pas buka langsung nemu tulisanmu ini. Wah, enak-enak tuh mas bro, boleh kirimkan semua ke Manado? he..he..he

      mysukmana responded:
      31 Mei 2019 pukul 8:41 AM

      Waalaikumsalam mas bro..wahaha sampai manado udah bau semua ntar..kecuali pake pintu doraemon

        Hendris Blog said:
        2 Juni 2019 pukul 4:10 AM

        pintu doraemon? ha..ha…ha. ono ono wae sampeyan mas bro

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s