Jadah Tempe Legend, Legenda Kuliner dari Karanganyar

Posted on Updated on

Culinary – Ceritanya minggu kemarin saya di ajak jalan sama mertua buat ngantar kegiatan kantornya ke Tawangmangu, Karanganyar-Solo. Pas Pulangnya kami melewati daerah Karangpandan yang masih masuk Kabupaten karanganyar. Salah satu kecamatan yang terletak di lereng gunung lawu tersebut memang cukup ramai kegiatan perekonomiannya. Salah satunya adalah pasar Karangpandan.

Di Sekitar Pasar Karangpandan tersebut banyak sekali jajanan tradisional yang di jual oleh para pedagang pasar, baik di dalam pasar maupun di sekitar pasar. Salah satu yang menjadi favorit para wisatawan setelah pulang dari Tawangmangu adalah mampir ke Jadah Tempe. Jadah Tempe sendiri adalah  makanan  dari bahan ketan, yang di jadikan satu dengan tempe bacem beserta ceplusan lombok.

Salah satu Jadah Tempe yang menjadi ampiran saya pulang dari Tawangmangu adalah Jadah Tempe Legend Karangpandan. Lokasinya pas di pinggir jalan setelah pasar Karangpandan kalau dari arah Solo. Atau terletak di simpang tiga jalan menuju Tawangmangu dan Kemuning Ngargoyoso setelah pasar.

Jenis Jadah yang di jual di Jadah Legend ini ternyata bermacam-macam. Ada Jadah Tahu, Tempe, Gembus, Abon, Srundeng dan Blondo yang konon asli dari daerah Gunungkidul Jogja. Rata-rata harga per besek (dus) nya adalah mulai dari 15K hingga 30K, tergantung jenis Jadah yang di pesan.

Saya waktu itu membeli dua besek Jadah Tempe dan Jadah Blondo.Sambil menunggu pembelinya menyiapkan di besek, Saya minta satu biji untuk di icipi. Rasanya memang khas banget dan ketannya sangat lumer-lumer lengket.

Oh iya, di warung Jadah Tempe Legend ini juga tidak hanya menjual Jadah saja, akan tetapi juga menjual beberapa makanan ringan serta oleh-oleh asli buatan Karanganyar. Seperti keripik tempe, jamur, teh asli kemuning, kopi dan makanan industri rumah tangga lainnya.

Piye? kalau ke Karanganyar terutama saat berwisata ke Tawangmangu, Grojogan Sewu atau Kebun Teh Kemuning, Candi Cetho dan Candi Sukuh. Mampirlah makanan khas yang Legend ini. Menurut saya Jadah Tempe sangat enak jika di sajikan bersama teh panas serta kopi..

Salam Kuliner ya..

Iklan

31 respons untuk ‘Jadah Tempe Legend, Legenda Kuliner dari Karanganyar

    helmavania said:
    27 Maret 2019 pukul 4:57 PM

    Aku seneng nih jadah tempe, enaaak

    Elliza Efina said:
    27 Maret 2019 pukul 3:56 PM

    Jadah tempe ini emang endeusss banget, mas. Kalo dimakannya dipisah, malah jadi aneh. Harus jadi satu, sekali hap gitu. Wkwk~

    Ana ike said:
    27 Maret 2019 pukul 3:24 PM

    Jadi kangen sama Jadah Tempeee. Suka banget ih makan inj

    Sandi Iswahyudi said:
    24 Maret 2019 pukul 1:51 PM

    Sepertinya rasanya unik. Belum pernah cobain

      mysukmana responded:
      25 Maret 2019 pukul 11:06 AM

      makanya mas Sandu, klo ke Karanganyar main lah dimari..

    Rahma balci said:
    23 Maret 2019 pukul 12:02 AM

    makanan favorit kalau ke kaliurang: slurrp…nikmatnya apalagi sambil menikmati hawa pegunungan ditemanin teh poci..duhh jd pengennn

      mysukmana responded:
      25 Maret 2019 pukul 11:10 AM

      ini di Karanganyar loh mak Rahma…karanganyar gak mau kalah sama jogja kok wkwkw

    Matius Teguh Nugroho said:
    21 Maret 2019 pukul 3:23 PM

    Ooo jadah juga ada di Karanganyar, kirain di Jogja aja. Udah lama nggak makan gembus, mantul mas!

      mysukmana responded:
      25 Maret 2019 pukul 11:09 AM

      iya mas bosss…pokoke nek masakan jowo ki kabeh mantul mas heheh

    Sekar said:
    21 Maret 2019 pukul 9:25 AM

    huwaaa kok saya pengin nangis sih kalo inget makanan daerah jateng solo huhu. Kayaknya ini sinyal harus pulkam deh. Udah berapa tahun nggak main lagi ke kota masa kecil saya yang sederhana dan bersahaja ituuuu :”

      mysukmana responded:
      25 Maret 2019 pukul 11:08 AM

      loh mbk sekar asli mana emangnya, Solo..? bentar lagi kan lebaran mbak..pulkam lah..

    Ety Abdoel said:
    20 Maret 2019 pukul 6:02 AM

    Belum pernah mampir Pak. Besok-besok kalau ke Tawangmangu pengin nyobain jadah tempe ah. Nggak perlu jauh-jauh ke Kaliurang ya. Ternyata di TW ada.

      mysukmana responded:
      25 Maret 2019 pukul 11:07 AM

      rasanya gak jauh beda sama yang kaliurang, menurut saya ini lebih lembut jaddahnya mak

    Anggara Wikan Prasetya said:
    18 Maret 2019 pukul 10:51 PM

    Owalah, iki jenenge jadah tempe tah ternyata.. Haha
    Merasa gagal jadi wong plat AD wes..

      mysukmana responded:
      19 Maret 2019 pukul 7:28 AM

      mosok lagi ngerti tho mas Anggara WIkan Prasetya..padahal plat AD loh…
      ayo kapan dolan ning Karangpandan..

    Raditya said:
    18 Maret 2019 pukul 2:14 PM

    Karangpandan, jadi inget waktu dulu Mei 2014 waktu sepedaan menuju ke Cemoro Sewu pernah numpang nginep di kantor Bank Jateng, yang dulu lokasinya memakai rumah residen (bangunan kuno, halaman luas, ada semacam pendopo di depannya), di persis sebelah atasnya terminal bus Karangpandan itu.

      mysukmana responded:
      19 Maret 2019 pukul 7:30 AM

      nah bener banget mas..dari pendopo itu naik sedikit mas..nanti kiri jalan pas pertigaan ke arah Kemuning dan Tawangmangu..

    Budi Cahbrogo said:
    18 Maret 2019 pukul 1:22 PM

    mantul

    awansan said:
    18 Maret 2019 pukul 10:39 AM

    Bola bali lewat tawangmangu baru th dari blog ini kalau ada jadah tempe disana 😅😅, kirain cuman ada di kaliurang aja 😁

      mysukmana responded:
      18 Maret 2019 pukul 10:43 AM

      Lah mbok mampir mas browhh

        mamakhumam said:
        18 Maret 2019 pukul 4:59 PM

        Kalau ke Karanganyar mampir aaah.
        Dulu tahunya di Jogja.

    masrurtok said:
    18 Maret 2019 pukul 9:49 AM

    kayak tempe bacem ya ,mas

      mysukmana responded:
      19 Maret 2019 pukul 7:32 AM

      memang itu tempe bacem kak

        masrurtok said:
        19 Maret 2019 pukul 7:41 AM

        Oh beda packaging nya aja ya mas

    Avant Garde said:
    18 Maret 2019 pukul 8:17 AM

    jadah tempenya banyak toping ya mas haha… Kalo jadah tempe di selo sama kaliurang kan cuma tempe bacem isiannya

      mysukmana responded:
      18 Maret 2019 pukul 8:18 AM

      Bener..dsni bnyk topingnya..ap lg yg abon.enak

        Avant Garde said:
        18 Maret 2019 pukul 8:20 AM

        pantesan jd legend ya mas, di antara oleh² selain jadah (teh, jamur dll) yg paling khas karanganyar apaan mas

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s