Sore dan Bersantai Menikmati Keindahan Pantai Gesing dan Buron Yogyakarta

Posted on Updated on

#Travel – Ngomongin pantai di wilayah Yogyakarta memang tiada habisnya, apalagi beberapa waktu lalu saya dan keluarga berkunjung ke pantai yang belum pernah sama sekali saya kunjungi, yaitu pantai Gesing dan Pantai Buron yang terletak di daerah Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Pagi itu saya berangkat dari Solo sekitar pukul 8 pagi dengan melakukan perjalanan bersama 8 mobil yang terdiri dari pokdarwis kampung dari mertua saya. perjalanan kita lakukan kurang lebih 3 jam perjalanan dengan mampir di wilayah Klaten.

Sebelum menuju ke pantai Buron dan pantai Gesing, saya beserta rombongan mampir terlebih dahulu beberapa tempat wisata lainnya didaerah Gunungkidul. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke pantai Gesing dan pantai Buron.

Selama perjalanan kebetulan saya yang menyupir, sambil berjalan konvoi dan beriringan, pemandangan menuju ke kedua Pantai ini sangat indah dan berkelok-kelok dan cukup sepi sekali. Apalagi daerah ini termasuk pelosok, namun aspalnya sangat halus.

Tak lama kemudian saya melewati jalanan aspal yang cukup sempit dan berbukit, dari atas inilah garis horizontal laut selatan tampak kelihatan. Tak lama kemudian saya dan rombongan sampai di pantai Buron – Gesing. Pantai ini sebenarnya masih satu wilayah, akan tetapi hanya di batasi dengan batu karang dan tebing.

Di sebrang parkiran yang tidak terlalu luas terdapat masjid yang cukup bagus, suasana pantai dan warung serta para pedagang yang ada di pantai Buron dan Gesing cukup tertata rapi jika di banding dengan pantai di wilyah Gunungkidul lainnya, dan pantainya pun waktu saya datang kesana relative sepi dan lebih tenang, meskipun tak setenang deburan ombak yang memesah tebing-tebing di pantai Buron.

Pertama saya akan cerita sedikit tentang pantai Buron. Setelah memarkirkan mobil dan sholat ashar. Saya hanya duduk-duduk santai di gazebo yang telah tersedia dengan anak istri. Setelah itu saya ijin istri untuk mengambil foto dan berkeliling di tepian tebing pantai. nah di tepian tebing ini ada jalan setapak yang memutar hingga menuju pantai Gesing. Sangat direkomendasikan untuk foto-foto dikala senja.

Setelah memutari tebing, tembuslah ke pantai Gesing yang terletak di bawah tebing ( mungkin bisa dikatakan seperti suasana pantai Baron). Pantai Gesing lebih pantai yang berada di sebuah teluk kecil. Karena letaknya agak menjorog kedalam, membuat ombak pantai ini tidak begitu besar dan banyak sekali para pengunjung yang bermain air dan berenang.

Di pantai gesing pemandangan yang jarang ditemui adalah banyaknya perahu nelayan yang bersandar. Disinilah saya melihat para pengunjung menikmati suasana sore hari sambil berfoto-foto berlatar belakang pantai dan perahu nelayan. Oh iya, yang saya suka dari pantai ini adalah banyaknya cemara laut. Sehingga membuat suasana pantai ini tetap rindang dan sejuk.

Setelah selesai berkeliling, hal yang paling menyenangkan adalah duduk-duduk di Gazebo bersama keluarga sembari makan bakso dengan pemandangan deburan ombak. Yakin deh, suasana disini bagi saya dan keluarga sangat syahdu.

Udah pernah cari vitamin sea kesini?

 

Iklan

18 respons untuk ‘Sore dan Bersantai Menikmati Keindahan Pantai Gesing dan Buron Yogyakarta

    Fubuki Aida said:
    9 Oktober 2018 pukul 3:47 PM

    Wah aku baru tau ada pantai buron di Jogja. Kalau gesing pernah denger tapi belum pernah ke sana. Next lah

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:34 PM

      mosok durung tau rene mbk aida..
      padahal traveller wonogiri loh..

    Gallant Tsany Abdillah said:
    8 Oktober 2018 pukul 5:54 PM

    eh belum. akses jalannya susah nggak toh? biasanya kalau ke pantai di gunungkidul itu aksesnya agak susah, tapi pantainya emang bagus bagus

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:35 PM

      akses jalannya mulus mas..semulus wajah2 artis korea hahaha

    alrisblog said:
    8 Oktober 2018 pukul 5:04 PM

    Mas, saya kalo liat pantai berkarang begitu yang kebayang asiknya strike ikan kakap. Memang memancing di laut itu bagi saya sangat menyenangkan.
    Pantainya cakep kabeh.

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:36 PM

      wah jangan tanya kalau pantai daerah selatan..apalgi pantai pantai daerah DIY..jogja Istimewa pokoknya…
      malah saya gak pernah mancing di pantai kak..

    Anggara W. Prasetya said:
    8 Oktober 2018 pukul 10:34 AM

    Wah, trapellingku belum sampai sini ms..
    Dulu pernah rencana ke Gesing tapi di tengah jalan diadang oleh badai dahsyat.. haha

    Mau balik lagi malah belum kesampaian..
    Baru tahu juga kalau Gesing itu pantai nelayan..

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:37 PM

      iya mas..jalannya bagus kok, tur mulus aspal apik sampai tujuan…
      iya saya juga baru tau klo banyak kapal nelayan disini…

    Frany Fatmaningrum said:
    8 Oktober 2018 pukul 7:58 AM

    Beluuummm pernah. Seru ih banyak obyek wisata hits. Asiknya mampir Klaten.

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:37 PM

      kapan bu Frany pulang ke Klaten?

        Frany Fatmaningrum said:
        9 Oktober 2018 pukul 8:22 PM

        Belum ada rencana, mas. Budget-nya buat daftar anak masuk SD tahun depan. Hehe.

          mysukmana responded:
          11 Oktober 2018 pukul 8:47 AM

          ya gpp buk, di empet dulu keinginannya..
          semakin hari kebutuhan semakin banyak..

    Hendri's Blog said:
    8 Oktober 2018 pukul 5:35 AM

    Kalau Pantai Gesing pernah dengar tapi belum pernah kesana. Kalau Pantai Buron, beda ya dengan Pantai Baron? Setahu aku sih ada Pantai Baron di Gunung Kidul, seingatku sewaktu kuliah di Jogja kami pernah kesana.

    Viewnya keren dan mantaap!!

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:38 PM

      Buron sama Baron beda mas..meskipun sama sama di selatan Jogja…pantai Buron dekat sama gesing, cuma dipisahin karang aja

        Hendri's Blog said:
        10 Oktober 2018 pukul 8:23 AM

        Oh ya? Ok sipz..thanks infonya mas bro..👍👍

          mysukmana responded:
          11 Oktober 2018 pukul 8:48 AM

          sama sama om

    Sulis said:
    8 Oktober 2018 pukul 3:25 AM

    Aku pantai gesingnya sudah…tapi pas ke sini pas ombaknya gede. Akhirnya cuma naik ke tebing. Pantai Buron…blm…baru yaa…?
    *Aku mlh baru tahu

    Ngertinya pantai Baron…klo itu pantainya dah senior.. tadi tak kira typo…ternyata ada ya, pantai Buron.

    Coba deh, besok kapan2

      mysukmana responded:
      9 Oktober 2018 pukul 5:40 PM

      buron kan sebelahnya mas…tapi cuma karang2 aja dan besar ombaknya..beda sama baron

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s