Memetik Apel Hingga di Pabrik Pembuatan Sari Apel Malang

Posted on Updated on

#Travel – Berwisata ke Batu, Malang memang tidak ada habisnya. Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi daerah Malang khususnya kota Batu. Setelah beristirahat di tempat transit, paginya saya pergi ke lokasi dimana Apel menjadi salah satu icon yang terkenal di Kota Batu.

Kota Batu merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Timur, kota ini terletak 15 km sebelah barat kota Malang yang sekarang sudah menjadi kota mandiri. Kota ini termasuk memiliki julukan kota pariwisata terbaik se-indonesia. Di kota ini banyak  berkembang berbagai situs  pariwisata Kota  mulai wisata edukasi maupun hanya untuk hiburan semata yang menawarkan berbagai keindahan alam maupun wisata buatan.

Pagi itu tepat pukul 08.00 pagi saya menyewa angkuta yang biasa mengangkut para wisatawan yang hendak akan menuju Agrowisata Batu dengan kegiatan petik apel serta ke industri rumahan pembuatan berbagai macam olahan makanan dari Apel dan buah segar yang berada di kota Batu. Setelah melalui jalan yang menanjak, terjal dan berliku, akhirnya saya sampai di lokasi pemetikan Apel. Selama perjalanan saya menikmati kesejukan dan keindahan panorama Kota Batu yang terletak kurang lebih sekitar.1000 meter diatas permukaan laut. Pemandangan perbukitan dan pegunungan seperti deratan pegunungan Bromo dan Gunung Arjuna tampak jelas dari lokasi petik apel yang saya kunjungi.

Setelah sampai di perkebunan Apel, angkotpun menurunkan saya dan saya masuk kesalah satu kawasan wisata petik apel. Banyak sekali rombongan lain yang berasal dari berbagai daerah pulau jawa dan luar jawa. Disini saya melihat mereka tampak asik berwisata memetik apel dan menikmati apel dari perkebunannya langsung.

Untuk memetik apel tidak dikenakan biaya, meski tidak kena biaya tidak mungkin saya bisa makan di luar lokasi perkebunan, karena harus makan ditempat. Palingan 2-3 apel dengan ukuran kecilpun sudah kenyang. Jika pengunjung ingin membawa pulang apel, para pengelola apel sudah menyediakan tas kresek yang dapat di gunakan untuk menampung apel yang akan di bawa keluar. Untuk membawa keluar apel yang masih segar. Para pengunjung harus merogoh kocek atau membayarnya sekitar 25.000-35.000 per kilonya. Lebih mahal memang, di banding yang di jual di pasar, tapi jika memetik langsung, apelnya segar dan masih fresh.
Tak terasa sekitar 30 menit saya berkeliling untuk memetik beberapa apel dan memakannya. Saya pun kembali ke angkkot yang sudah menunggu untuk mengantar saya ke home industry tepatnya di Pusat Produksi dan Edukasi oleh-oleh khas kota wisata Batu Agrista, yang terletak tepatnya di Jl. Raya Pandanrejo- Bumi Aji Batu.

Disini saya di jelaskan berbagai macam cara pengelolaan oleh –oleh khas batu mulai dari keripik apel, minuman apel dan berbagai olahan buah segar lainnya. Selain itu berbagai macam camilan , kaos souvenir juga terdapat di Agrista Home Industri Apel ini. Nah kalau ke Batu , tempat ini rekomended untuk beli oleh-oleh khas Batu Malang juga. Agrista Home Industri juga menerima beberapa siswa yang ingin kunjungan industri untuk melihat secara langsung bagaimana pengelolaan Apel menjadi berbagai macam camilan khas kota Batu Malang. Bagaimana? Asik kan wisata sambil belajar…

Iklan

4 respons untuk ‘Memetik Apel Hingga di Pabrik Pembuatan Sari Apel Malang

    Gallant Tsany Abdillah said:
    30 April 2018 pukul 10:32 PM

    Aku pernah ke argowisata batu pas masih kecil. Diajakin mama.
    Habis jalan jalan metik apel, terus makan roti bakar isi selai apel. Mantap!

      mysukmana responded:
      1 Mei 2018 pukul 10:36 AM

      wah asik banget halan halan sama keluarga…hehe..roti bakar enaknya sama susu segar hehe

    Mase said:
    30 April 2018 pukul 10:38 AM

    Aku ra dijak

      mysukmana responded:
      30 April 2018 pukul 10:27 PM

      langsung kpn..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s