Istirahat dan Sholat di Masjid Besar Kota Klaten

Posted on Updated on

#Travel – Bagi seorang muslim, dimanapun kamu berada ataupun menjadi seorang musafir sholat adalah wajib hukumnya. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga kecil saya (anak dan istri) pergi ke Jogja. Jogja-Solo yang hanya di tempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dikala weekend melewati Kabupaten Klaten.

Nah..ngomongin soal Klaten yang terkenal akan wisata tirta airnya ini memiliki sebuah Masjid Besar yang baru saja selesai tahap pembangunannya, meskipun menaranya belum jadi juga. Dulu waktu masih skuliah saya selalu melakukan perjalanan dengan sepeda motor maupun bus. Jika menggunakan bus jurusan Solo-Jogja, bus tersebut selalu berhenti di bangunan yang sekarang berupa masjid. Karena sebelum masjid ini berdiri, lokasi masjid tersebut adalah bekas terminal Klaten yang sekarang di pindah di wilayah Jombor.Siang itu tepat dhuhur tiba, saya pun mengentikan laju mobil saya untuk masuk area masjid. Masjid ini dikala weekend memang cukup ramai, terlebih banyak para musafir setiap melewati Klaten selalu menyempatkan untuk mampir di masjid ini sebagai sarana transit.

Bangunannya yang berdiri megah dan kokoh dengan pelataran yang cukup luas membuat masjid ini mampu menampung banyak jamaah yang akan sholat. Parkiran nya pun bisa menampung beberapa bus dan mobil. Saat saya mampir di masjid ini, di halaman masjid banyak para musafir beserta keluarganya yang menggelar tikar sambil menyantap makan siang, ada juga satu keluarga saya lihat yang sedang menghafalkan ayat-ayat suci Al-Quran di bawah pohon beralas rumput di halaman masjid.

Yang saya suka dari arsitektur masjid besar Klaten ini adalah bangunannya yang didesain menyerupai masjid-masjid besar di Arab Saudi, baik dari ornament, kali grafi, model pintu dan lain sebagainya. Di sebelah pojok timur masjid juga terdapat beberapa kios yang menjual aneka makanan. Kios ini juga biasa di gunakan para sopir bus yang mengantar rombongan wisata untuk istirahat sambil ngopo.

Setelah sholat dhuhur, saya dan keluarga menikmati halaman masjid sambil berfoto-foto seperti pengunjung lainnya. Di depan masjid juga banyak pedagang yang menjajakan seperti salome, bakso bakar, batagor, siomay dan makanan sejenisnya yang sangat diminati para musafir seperti saya dan keluarga. Wisata religi ternyata murah ya, padahal Cuma mampir untuk sholat tapi bisa menikmati semuanya di Masjid Besar Klaten ini.

Kalau kalian lewat Klaten, biasanya sholat dimana?

Iklan

14 respons untuk ‘Istirahat dan Sholat di Masjid Besar Kota Klaten

    Hendri's Notes said:
    19 Mei 2018 pukul 9:37 AM

    Wah baru tau saya klo ada Masjid megah seperti ini di Klaten, udah lama kah masjid ini berdiri bro?

      mysukmana responded:
      21 Mei 2018 pukul 8:44 AM

      kurang lebih sudah 4 tahunan mungkin ya..lupa saya mas hendri.

        Hendri's Blog said:
        23 Mei 2018 pukul 3:08 AM

        Owh pantes..sewaktu saya sering ke klaten 2001 – 2005 semasa kuliah di Jogja, saya blum pernah lihat 😊😊

          mysukmana responded:
          24 Mei 2018 pukul 9:20 AM

          jaman itu masih terminal sama sma klaten mas

    Frany Fatmaningrum said:
    23 April 2018 pukul 3:34 PM

    Klaten bersinar – ku tercintaaa *bangga 😍 💙

      mysukmana responded:
      28 April 2018 pukul 1:04 PM

      nah ini yang orang asli klaten komentar hahaha…bangga dong buk

    Gallant Tsany Abdillah said:
    23 April 2018 pukul 7:41 AM

    Wah iyaaa aku kalo pulang naik bis ngelewatin ini. Guede banget masjidnya 🙂

      mysukmana responded:
      28 April 2018 pukul 1:06 PM

      namanya juga masjid Agung mas..agung itu besar dalam bahasa

        Gallant Tsany Abdillah said:
        28 April 2018 pukul 8:19 PM

        Hahaha. Tau om kalo itu. Cuma emang kesannya tuh megah gitu loh. Besar dan bagus 😀

    Hendi Setiyanto said:
    23 April 2018 pukul 6:07 AM

    Beberapa kali ke Klaten, cuma lewat doang melewati masjid megah dan menonjol karena di pinggir jalan ini,arsitektur masjid seperti ini kayaknya banyak yang mengadopsinya, di banjarnegara pun bagian depannya mirip2 seperti ini

      mysukmana responded:
      28 April 2018 pukul 1:07 PM

      iya masjid ini dl nya bekas terminal dan lokasinya sangat strategis..

    layangseta said:
    23 April 2018 pukul 4:05 AM

    ini masjid yang di dekat lampu merah itu bukan ya??

      mysukmana responded:
      28 April 2018 pukul 1:07 PM

      iya benar dekat lampu bangjo

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s