Hal – Hal yang Harus di Perhatikan Ketika Naik Pesawat Terbang

Posted on Updated on

#Daily Random – Bagi sebagian orang melakukan penerbangan merupakan hal yang baru. Terutama bagi mereka yang jarang berpergian jauh. Tidak seperti sarana transportasi lainnya, bisa dikatakan prosedur naik pesawat adalah hal yang cukup komplek dan ribet. Hal ini tentunya ada alas an tersendiri kenapa harus melalui prosedur yang komplek, apalagi pesawat dan bandara merupakan sarana umum yang memiliki high maintenance dibanding transportasi lainnya.

Bagi saya pribadi naik pesawat merupakan hal yang menyenangkan, setelah sekian lama menikmati berbagai macam penerbangan baik dalam maupun luar negeri. So disini saya ingin berbagi pengalaman, sebenarnya apasaja sih yang harus diperhatikan ketika akan naik pesawat dan berada di pesawat. Jangan sampai bagi yang berlum berpengalaman mendapatkan hal yang tidak menyenangkan ketika pertama kali naik pesawat, terutama bagi pembaca yang ingin bepergian sendirian :

Perhatikan Jam Keberangkatan

Ini adalah point terpenting ketika akan bepergian menggunakan pesawat. Sudah menjadi kebiasaan saya ketika datang ke bandara paling tidak satu jam setengah jam sebelumnya dari waku keberangkatan. Paling tidak harus bisa memprediksikan jarak tempuh dari rumah menuju bandara. Lebih baik menunggu di ruang tunggu boarding atau lounge sambil menunggu dipanggil menuju pesawat dari pada harus kejar-kejaran dengan waktu.

Periksa Kembali Barang Bawaan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diperlukan sebelum bepergian bagi pesawat. Pertama adalah dokumen, kedua adalah barang bawaan. Usahakan kelengkapan dokumen seperti KTP/Paspor, Tiket / Boarding Pass dan dokumen lainnya yang biasa dibawa.

Setelah dokumen lengkap. Periksa dan pilihlah barang-barang yang kira-kira akan diletakkan di Cabin atau Bagasi. Selain itu tas atau koper yang saya simpan di bagasi biasanya di saya beri tanda khusus, baik itu berupa pita atau apa saja yang mudah saya identifikasi. Kalau saya pribadi biasanya seperti pakaian dll saya letakkan di Bagasi, namun seperti laptop, smartphone dan barang-barang yang begitu urgent saya bawa di kabin. Pastikan tidak membawa benda-benda yang dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat.

Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan, kata kata ini adalah sudah pasti. Ketika mengalami kebingungan pada saat di bandara, bertanyalah baik kepada petugas bandara atau orang yang didekat kita. Saya pribadi jika bepergian naik pesawat biasanya mengajak ngobrol orang-orang yang ada di dekat saya. selain menambah wawasan, saya juga bisa bertukar pengalaman. Apalagi bertemu orang-orang yang lebih pengalaman dari saya adalah hal yang menyenangkan.

Perhatikan Terminal Keberangkatan

Bagi yang berada di Bandara-bandara besar informasi mengenai terminal dan gate keberangkatan pesawat sangatlah penting sekali. Informasi mengenai terminal keberangkatan bisa dilihat di e-tiket yang telah terbit jika memesan tiket secara online. Untuk bandara kecil mungkin tidak terlalu masalah. Namun berbeda berbeda jika harus berangkat atau transit dari bandara yang memiliki banyak terminal seperti bandara-bandara yang ada di kota-kota besar di dunia ini.

Bawa Makanan dan Minuman

Ini adalah point penting ketika berada di Bandara. Rata-rata harga makanan dan minuman di bandara bisa 2 hingga 3 kali lipat. Untuk menghemat budget biasanya saya membawa makanan seperti makanan ringan dan minuman. Hal ini untuk jaga-jaga jika suatu saan pesawat delay dan saya harus menunggu berjam-jam di ruang tunggu. Dengan membawa makanan paling tidak bisa menunda rasa lapar selama di bandara dan penerbangan.

Saat Berada dalam pesawat, Patuhi Semua Peraturan

Sesaat setelah boarding dan naik pesawat, ikutilah perintah pramugari seperti diminta untuk  mematikan handphone agar tidak mengganggu sistem navigasi pesawat. Mengenakan sabuk pengaman seperti yang diperintahkan. Jika pertama kali naik pesawat bisa perhatikan demo yang di peragakan pramugari demi keselamatan penerbangan

Mungkin dari teman-teman pembaca ada tambahan?

Iklan

5 respons untuk ‘Hal – Hal yang Harus di Perhatikan Ketika Naik Pesawat Terbang

    ghozaliq said:
    7 April 2018 pukul 6:46 PM

    Perhatikan dan pelajari apa saja yang boleh dibawa atau tidak. Saya pernah membawa kulit kerang saat di Bandara Kota Bau-Bau, ternyata sebagian kulit kerang tersebut dilindungi, jadinya disita oleh petugas. Ahaha efek gak paham kerang mana yang dilindungi dan yang tidak.

    Gallant Tsany Abdillah said:
    7 April 2018 pukul 4:37 PM

    Aku belum pernah naik pesawat. Tipsnya sangat membantu nanti 😀

    Ucok_74 said:
    7 April 2018 pukul 12:44 PM

    Hal sepele lain yg sering dilakukan adalah saat mendarat. Ketika pesawat baru saja mendarat dan belum sampe di terminal kedatangan, masih banyak orang2 yg sudah melepaskan seatbelt dan menyalakan telepon genggam. Padahal sudah jelas ada pengumuman untuk tetap menggunakan sabuk pengaman sampe pesawat tiba. Dan belum boleh menyalakan telepon genggam.

    maswar said:
    7 April 2018 pukul 10:12 AM

    aku pernah salah duduk, harusnya di ” L” eee aku malah duduk di seat ” I ” (habis hurufnya mirip banget)

    ardiologi said:
    7 April 2018 pukul 9:32 AM

    lifehacks:
    – lepas jaket, ikat pinggang, dompet, jam tangan sebelum masuk x-ray boarding

    biar cepet 😀

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s