Pantai Kukup Yogyakarta, Eksotisme Alam dan Kulinernya

Posted on Updated on

#Travel  – Pantai adalah salah satu tempat dimana saya membutuhkan vitamin C, eh.. maksud saya adalah vitamin sea.  Salah satu pantai yang saya kunjungi di hari minggu beberapa waktu lalu adalah Pantai Kukup yant terletak di kawasan Pantak Selatan derah istimewa Yogyakarta. Nah seperti apakah keindahan Pantai Kukup ini? Dan apa saja yang menarik di sana?

Perjalanan saya lakukan dengan menggunakan bus pariwisata beserta rombongan dari Salatiga. Sebenarnya saya sudah sering main ke pantai selatan wilayah Yogyakarta, namun baru kali ini saya main ke Pantai Kukup yang biasanya saya di pantai tetangganya yaitu Krakal, Baron, Sepanjang, Sundak dan Drini yang terletak di wilayah  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Selain kuliner seafoodnya, Pantai Kukup ini sangat unik dan memiliki pemandangan indah . Wilayah pantai yang cukup luas, dengan pasir putih yang membentang dari timur hingga barat dan dikelilingi oleh bukit-bukit di sekitarnya membuat saya ingin menikmatinya lama-lama.

Pada waktu itu saya tidak terlalu menikmati bagian bibir pantai terdapat lantai karang yang menjorok hingga ke selatan. Namun saya lebih memilih untuk naik ke atas bukit yang sudah tersedia tangga. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pantai Kukup ini adalah adanya sebuah pulau karang yang berada di sebelah timur pantai yang bisa di capai dengan menaiki tangga tersebut

Saya berjalan menuju Sebelum sampai jembatan serta melintasi pinggiran tebing, sehingga untuk menuju ke pulau kecil tersebut, saya  harus berjalan terlebih dahulu melalui jalan tersebut. Rangkaian jalan, jembatan dan pulau karang ini tentu menjadi pemandangan indah tersendiri di Pantai Kukup. Di pulau karang tersebut ada sebuah bangunan yang berfungsi sebagai gardu pandang yang disediakan untuk para pengunjung menikmati pemandangan di Pantai Kukup. Tentunya bagi pasangan muda,tidak memungkiri kalau lokasi ini digunakan buat berduaan.
Sayangnya saya datang di waktu siang. Jika datang di sore hari, lokasi pulau karang tersebut sangatbagus untuk menikmati sunset. Saya hanya bisa membayangkan saha indahnya sunset yang dihiasi dengan bukit-bukit serta mercusuar Pantai Baron yang bersembunyi di balik bukit tentu membuat pemandangan sunset telihat sempurna.

Selain pemandangannya yang indah, hal yang paling menyenangkan adalah makan seafood. Namanya pantai tentu makanannya pasti makanan laut. Disini saya bisa menikmati berbagai macam seafood di warung-warung yang menjajakan makanan tersebut. Selain itu ada beberapa kios seafood yang menjual beberapa macam makanan khas pantai seperti, ikan, udang, rumput laut dan masih banyak lagi.

Soal fasilitas umum di Pantai Kukup ini sudah sangatlah memadai, mulai dari tempat parkir, kamar mandi dan toilet umum, dan tempat ibadah. Selain itu ada juga fasilitas lain seperti warung makan, serta penjual souvenir dan penginapan. Nah kalau ada kesempatan lagi pengennya sih nginep biar bisa menikmati sunset dan sunrise disini.

12 respons untuk ‘Pantai Kukup Yogyakarta, Eksotisme Alam dan Kulinernya

dktourjogja said:
    20 Juli 2018 pukul 11:39 AM

pantainya cantik banget, pengenlah maen kesana mas..
    Rental Mobil Jogja

20 Juli 2018 pukul 3:04 PM

terus kapan main sama sama hehehe

Denpasarsandalhotel said:
    4 April 2018 pukul 2:21 PM

Kalau sama parangtritis jauh ya ?

jelajahlangkah said:

lah itu enak banget..

Gallant Tsany Abdillah said:
    31 Maret 2018 pukul 5:55 PM

Uhhh udangnya menggiurkan. Habis jalan-jalan di pantai, langsung makan seafood. Mantap

2 April 2018 pukul 8:39 AM

iya mas..enak banget klo udah makan yang namanya seafood..tapi kolesterol tinggi hehe

Mase said:
    31 Maret 2018 pukul 7:54 AM

Aku ra dijak meneh

2 April 2018 pukul 8:41 AM

lha kapan iso di jak

Mase said:
        2 April 2018 pukul 8:45 AM

Bisa diatur

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )