Tips Naik Kereta Api Dengan Aman dan Nyaman

Posted on Updated on

#Daily – ‘Perjalanan jauh yang ditempuh dengan menggunakan transportasi umum khususnya kereta api membutuhkan keamanan dan kenyamanan tersendiri bagi penumpangnya’. Ceritanya insha Allah dalam waktu dekat saya akan melakukan perjalanan darat dengan menggunakan ular besi atau yang disebut dengan kereta api. Untuk itu saya iseng ingin berbagi tips disini.

Karena perjalanan jauh tentunya saya selalu menyiapkan segala sesuatunya di jauh jauh hari, meskipun kali ini banyak perubahan yang di alami PT KAI sejak direkturnya pak Jonan. Meskipun dirasa lebih nyaman dan aman, perjalanan jauh bagi saya membutuhkan banyak persiapan meskipun kadang di anggap biasa. Nah..Berikut adalah beberapa hal yang saya terapkan agar bisa naik kereta api dengan aman dan nyaman.

Booking Tiket Secara Online

Jaman sudah berubah, pemesanan tiket kereta bisa dilakukan lewat situs resmi atau OTA (Online Travel Agen),seperti situs booking online, minimarket dan agen lain yang sudah berkerjasama dengan PT KAI. Semua itu bisa dilakukan tanpa harus mengantri di loket stasiun.

Seperti yang saya lakukan kali ini, saya membookingnya lewat salah satu OTA. Dengan situs ini saya dengan leluasa memilih kereta baik dari segi harga hingga waktu tempuh kereta serta jadwal.

Jika mempunyai cukup uang, tidak ada salahnya memilih kursi yang kelasnya paling nyaman, nah berikut adalah contoh nomor kursi yang bisa dipilih sesuai keamanan dan kenyamanan di kereta, kebetulan saya memilih nomor I-B

  • Eksekutif               : A, H, I, J, X (Tarif tertinggi A, terendah J, Promo X)
  • Bisnis                     : B, K, N, O, Y (Tarif tertinggi B, terendah O, Promo Y)
  • Ekonomi               : C, P, Q, S, Z (Tarif tertinggi C, terendah S, Promo Z)

Perhatikan Jadwal keberangkatan

Supaya lebih nyaman dan amat, ketika membooking tike secara online, hal yang harus dilakukan adalah mencetak tiket tersebut secara mandiri yang sudah di sediakan di loby serta anjungan yang sudah tersedia di stasiun. Jika belum paham, bisa bertanya ke bagian informasi atau petugas stasiun yang stand by di lobi tersebut.

Perlu diperhatikan, bahwa kereta api mempunyai jadwal keberangkatan yang tepat dan sangat on time di bandingkan dengan pesawat terbang, jadi jangan sampai melalaikan masalah waktu. Sebaiknya tiket sudah di cetar untuk boarding pas satu jam sebelum keberangkatan.

Bagi saya membawa barang bawaan sepertlunya saja, namun jika terpaksanya harus membawa barang terlalu banyak, dengan datang ontime bisa dengan leluasa meletakkan abarang di bagasi maupun kursi.

Membawa Bekal dan Bantal

Setiap kereta jarak jauh rata-rata menyediakan dapur, namun menurut saya, jika di bandingkan dengan makanan diluar, di kereta api harga makanan relative lebih mahal. Jadi siapkanlah bekal secukupnya untuk menuju kota tujuan seperti air mineral dan snack yang bisa sedikit menahan dari rasa lapar di kereta.

Selama perjalanan, tentunya selama duduk juga akan merasa capek. Terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa tidur dengan nyaman ketika naik kereta api. Untuk itu biasanya saya pribadi membawa bantal dengan model kalung leher, sehingga posisi tidur bisa lebih nyaman.

Ajak Ngobrol Penumpang Lain

Bagi saya pribadi perjalanan sama halnya seperti menikmati apa yang ada selama perjalanan tersebut. Menyapa penumpang, mengajak ngobrol adalah hal yang wajar. Paling tidak bisa bersikap ramah dan tidak cuek terhadap keadaan sekitar. Syukur – syukur ngobrol, siapa tau itu rejeki temen-temen, jodoh mungkin dan lain sebagainya.

Suasana perjalanan akan lebih relaks dan tidak akan terasa jika ada teman yang bisa di ajak bicara dengan enak. Namun disini jangan terlampau batas. Jika sudah sama-sama lelah, saya biasanya pamit untuk tiduran sambil mengenakan headset. Nah headset nih bagian terpenting he..he..

Bagaimana kalau menurut teman-teman, persiapan apa yang kalian lakukan sebelum naik kereta api?

Iklan

13 respons untuk ‘Tips Naik Kereta Api Dengan Aman dan Nyaman

    imotorium said:
    29 Maret 2018 pukul 3:58 PM

    Mantapp, jadi nyaman dalam perjalanan. Cuma tetap yang malasnya naik kereta itu apalagi malam hari.. Susah tidur. Silau lampunya

    Sensasi merasakan kembali ke masa lalu
    http://imotorium.com/2018/03/29/andalan-dan-satu-satunya-moda-transportasi-kereta-lori-peninggalan-jaman-belanda-desa-lebong-tandai-ini-kondisinya-memprihatinkan/

      mysukmana responded:
      2 April 2018 pukul 8:50 PM

      sekarang lampunya kalau jam 10 malam di matikan kok mas

    Ayo Indonesia membaca said:
    7 Januari 2018 pukul 4:32 PM

    Kunjungi blogku! Informasi kesehatan, diet, hiburan ter-update!

      mysukmana responded:
      10 Januari 2018 pukul 9:39 AM

      iya kak..tunggu kunjungan balik ya

    delinarahayu said:
    5 Desember 2017 pukul 12:00 AM

    Mas itu di foto naik kereta apa yak? Kok baguus hehe

    Kalo aku kurang lebih sama sih persiapannya. Bawa bekal, bantal leher, sama charger 😂 terakhir kali naik kereta malah buka laptop terus nonton film saking bosen sendirian (kebetulan duduk dan perginya sendirian)

      mysukmana responded:
      5 Desember 2017 pukul 6:47 PM

      Kereta Priority…hehe…25 orang aja isinya..bisa di baca di artikel lamaku..cari aja Kereta APi Priority hehe..

      di kereta kok malah laptopan hehe..dengerin mp3 bobo imut saja

        delinaare said:
        10 Desember 2017 pukul 8:11 PM

        oke kucari artikelnya 😀 penasaran…

    rahmattrans said:
    3 Desember 2017 pukul 8:40 PM

    Suka kalimat ini, “Bagi saya pribadi perjalanan sama halnya seperti menikmati apa yang ada selama perjalanan tersebut”. Setuju banget… lebih baik menikmati dari pada bingung menunggu kapan nyampe nya.. hehe 😀

      mysukmana responded:
      4 Desember 2017 pukul 1:46 PM

      semua memang kudu di nikmati om..biar gak bosen..

    ysalma said:
    1 Desember 2017 pukul 9:19 PM

    Mengetahui stasiun terdekat sebelum dan sesudah stasiun tujuan.
    Soale berasa ngeri2 sedap kalau berhentinya bukan di stasiun akhir, kebablasan bisa berabe 🙂

      mysukmana responded:
      3 Desember 2017 pukul 1:01 PM

      nah itu sangat penting sekali..jangan sampe ketiduran, kecuali berhenti di stasiun paling akhir ada yang bangunin biasanya hehe

    Gallant Tsany Abdillah said:
    1 Desember 2017 pukul 1:54 PM

    Wah aku juga punya tulisan ini di draft. Luncurin ah :9

      mysukmana responded:
      3 Desember 2017 pukul 1:02 PM

      langsung luncurin mas..klo sudah saya di mention..

Yang Komentar Saya Doakan Banyak Rizkynya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s